Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Wednesday, February 27, 2008

The Gorgeousless Traveller (Rotterdam I : Google Map Juga Manusia)

“Pertama. Troley yang gue coba jadiin bantal, gak enak. Trus gue ganti ransel gue, masih tetep gak enak. Eksperimen bantal terakhir : jaket andalan gue gulung-gulung, lumayan sekarang tapi jadi dingin. Kampret ! kenapa sih airlines suka sok rajin bikin flight jam 6 pagi ! terpaksa deh gue nginep di bandara. Sendirian, karena si Fredo naik flight yang siangan jadi dia masih bisa tidur nyaman di hostel. Tapi gue gak sendiri malam itu, ada banyak pasangan sih. Karena pasangan, jadi jangan ngiri dong kalo mereka peluk-pelukan tidurnya malam itu. Oh so sweet dan gue cuman bisa meluk ransel. Asli gue mati gaya malam itu, bahkan lagu-lagu andalan di ipod pun gak mempan” (Barcelona International Airport, September 2007).














Dari Barcelona gue berencana ke Rotterdam, kota terakhir rangkaian Eurotrip kali ini. Seperti biasa disana nanti gue bakal numpang nginep di tempat temen lagi. Tepatnya sih temen virtual gue karena kita sama sekali belum pernah bertemu muka. Beliau gue kenal lewat blog, anak Stuned yang lagi ngambil Master di Erasmus. Orangnya baik banget dan sangat njawani, atas invitation letter dari beliau visa gue nembus. Flight gue jam 6 pagi jadi terpaksa nginep di bandara Barcelona. Gue sengaja ke Amsterdam dulu karena gak ada cheap flight yang langsung ke Rotterdam. Lagian di Belanda, kereta api murah dan presisi tepat waktunya bukan main, persis ketika jarum detik bergerak ke angka 12 dan kereta bener-bener berangkat. Hebat. Schipool – seperti kebanyakan bandara Internasional lain di planet bumi - terintegrasi sama coach stasion dan kereta ke berbagai kota besar di Belanda. Gue gak ngerti alasan apa yang bikin bandara kebanggaan Indonesia yang boro-boro maju bisa memiliki fasilitas yang sama lengkap, yang ada malah makin butut dan semrawut lengkap dengan calo dan ojek sekarang ini. Belum lagi banjir yang mutusin akses masuk utama.

Model kereta di Belanda agak lain dengan yang di UK, hampir semua gerbongnya bertingkat dua dengan pintu masuk yang di tengah-tengah nanggung posisinya atau malah gerbong yang berkabin kayak kereta ke Hogwart gitu. Kita bisa milih turun ke lantai satu atau naik ke lantai dua. Semuanya bersih dan nyaman. Amsterdam - Rotterdam butuh waktu sekitar setengah jaman. Cuaca agak mendung waktu itu habis hujan, masih ada sisa gerimis sedikit. Tapi pemandangannya malah jadi bagus, banyak pelangi muncul di lanskap bumi Belanda yang datar. Kalo ada cewek pasti langsung gue tembak, asli suasananya melo banget kayak di kartun-kartun Jepang T_T. Sebenernya gue bisa betah berjam-jam duduk bengong ngeliatin pemandangan apalagi ini daerah yang asing buat gue tapi sayang udah keburu nyampe. Setelah ngelewatin Den Haag dan Utrecth akhirnya sampai juga. Di Rotterdam CS gak ada yang jemput karena gue emang sengaja gak minta dijemput, ceritanya mbagusi mau sok-sokan dengan ujug-ujug nongol di hall temen gue itu, kayak waktu gue pertama kali nyampe di London dulu: first time Heathrow alone experience.

Gue emang pede berat kalo nemuin hall dia adalah pekerjaan yang mudah karena udah ngandelin print-printan Google map. Tipikal stasiun di Belanda bener-bener mirip yang ada di Indonesia, selalu punya dua sisi depan belakang (tau kan model stasiun tugu dan stasiun Hall di Bandung yang juga kayak gitu). Gue keluar lewat stasiun belakang, nyusurin Stasionsingel sebelum jadi jalan yang lebih kecil statenpad. Menurut peta, Weenapad berada persis di ujung Statenpad, di huk gitu. Idep, lo memang traveler canggih ! gue mencet-mencet nomer bel kamar temen gue tapi gak da jawaban. Di student hall jarang ada resepsionis, di depan cuman disediain interkom dengan nomor-nomor kamar yang mau kita kunjungi. Karena itu gue gak bisa langsung masuk aja, dikunci. Waktu ada mahasiswa lain yang masuk dan dengan pedenya gue minta ijin buat nebeng dengan ngejelasin gue juga mau ke kamar temen gue. Dia percaya aja dan bilang emang dia pernah liat Indonesians di hall tersebut. Masih dengan lagak pede berat gue langsung naik ke lantai tiga, sesuai kode nomor kamar harusnya sih ada di lantai tiga. Setiap kamar di hall itu punya bel sendiri-sendiri di sepanjang lorong flat. Karena yakin gue udah berada di hall yang tepat langsung aja gue pencet itu bel, kadang lama kadang bentar, kadang gue bikin pola panjang pendek gitu, kadang gue main-mainin ngikutin irama lagu, biasalah tipikal gue emang suka iseng gak penting.

Tapi kok tetep ra ono sing metu ya ? gue cek lagi nomer kamar udah bener, nama jalan juga udah bener. Ah mungkin lagi boker ato gak lagi keluar sebentar, ya udah gue duduk-duduk lesehan di depan pintu kayak gembel. Kadang-kadang rebahan. Sesekali push up. Atau gak mainan bel lagi. Udah 15 menitan kok masih gak ada yang bukain ya, gue mulai curiga, rekor boker terlama itu setau gue cuman sepuluh menitan. Kalo dia pergi keluar pun gak mungkin jauh-jauh soalnya gue udah bilang kemarin bakal nyampe Rotterdam around lunch time. Gue mulai panik, jangan-jangan gue di gedung yang salah. Akhirnya gue nyerah gengsi dan terpaksa nelpon temen gue (dengan nomor UK tentu aja, bangkrut mak roamingnya gak nahan). Gue jelasin lokasi gue, bagaiman tadi gue jalan dari stasiun tadi sampai ke hall, biar dia ada gambaran bisa ngebayangin lokasi gue sekarang. Hening sejenak. Sampai akhirnya temen gue ngomong, “Dep mulakno dadi wong ra sah mbagusi, sok-sokan, kemaki , ra gelem dipetuk barang, koe ki saiki neng hall-e sopo su, waton, ngawur, gek ndang metuo, mending koe mbalek nang stasiun tak petuk wae”. Huaaaa bedul, berarti sekarang gue ini neng omahe sopo ?! becoming stranger di hall orang dong ?! Mati gue, ada berapa CCTV tadi di depan dan mungkin juga di lorong, dan udah berapa kali gue main-mainin bel, kelekaran di depan pintu kayak gembel, pake lompat-lompatan segala. Kalau misalnya ada orang di kamar yang gue bel-bel tadi pasti dia sedang panik nelponin security karena ada asia kribo tak dikenal yang ngendon celamitan petakilan di depan kamarnya. Waduh mak, gak lucu deh kalo gue sampe harus belepotan ngejelasin alasan konyol gue ke local police.


Beberapa detik selanjutnya gue sedang lari terbirit-birit ngabur keluar dari hall, secepat kilat.

Labels:

4 Comments:

Blogger RinaFitri said...

hwahahahahaha... *puas banget*
kali ini rupanya, gagal dep!

^_^

*gue mupeng yang soal pemandangan ada pelangi2nya itu hwekekeke..

7:33 AM  
Anonymous Anonymous said...

deeppp,tapi kan...tapi kan...rekor boker gw setengah jam dep?
*ga nanya mel, plis deh*

7:52 AM  
Blogger om idep said...

Heh ?!??! gile lo mel, beranak apa boker lo ?! huehueuehue....

2:20 PM  
Anonymous Anonymous said...

yah...kira2 kalo beranak doang sih biasanya 10 menit jg klar, sambil masak di dapur, nyuruh mbak nadahin pake ember
*geuleuh lo dep*

7:53 PM  

Post a Comment

<< Home