Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Tuesday, January 22, 2008

Executive Musholla















Ada yang mengganggu setiap jalan di mall dan perlu sholat karena gak banyak mall di Indonesia yang ngehargain pentingnya musholla. Kadang gue bisa kumat mendadak rasis dan mangkel kalo nemuin musholla yang gak lebih baik dari gudang kucel di basement parkir paling bawah sebuah mall yang ironically megah dan mewah. Apalagi ini kejadian di sebuah negara yang mayoritas penduduknya 80% muslim. Pantes dong gue mangkel karena dulu pas di Manchester, di negara dengan mayoritas nasrani kita justru bisa nemuin musholla yang jauh lebih baik dan yang jelas lokasinya bukan di basement. Namanya multifaith prayer room, emang sih gak dedicated buat musholla doang. Multifaith karena berbagi sama Nasrani, Yahudi, Budha dan bahkan Sikh. Meski ruangannya kecil tapi dilengkapi dengan tempat wudlu dan berbagai pernak-pernik mulai dari petunjuk arah kiblat, holy bible, holy quran, sarung, mukenah, rosario sampe tasbih-tasbih Sikh gitu. Hebat.

Makanya gimana gak mblegedhes kalo di Indonesia malah susah. Coba, ada berapa puluh mall dan ITC sih di Jakarta ? bangunan beton yang udah ngorbanin abis-abisan jalur hijau itu ternyata juga udah ngorbanin kebutuhan umat muslim untuk sholat secara nyaman. Gue gak berhak generalise semua mall karena mall yang gue datengin biasanya itu-itu aja. Tapi yang jelas kebanyakan dari mall yang pernah gue datengin musholla itu adalah definsi untuk sebuah ruangan kecil sederhana di basement parkir paling bawah, pengap, karpet dan sajadah yang udah bau (kalo sukur-sukur dikasih), kipas angin tanpa AC, becek bekas air wudlu yang susah kering. Berani taruhan toilet di mall tersebut jauh lebih wangi dan bersih dibandingin mushollanya. Ngerasa aneh gak ? ketika lo mau beli kolor terbaru tokonya ada di lantai paling atas, mewah, lega dengan poster-poster model Victoria Secret® tapi giliran mau sholat lo harus ke basement parkir paling bawah wah wah (lebay) yang kadang harus disambung dengan tangga manual gak cukup dicapai dengan lift aja. Kadang kalo mushollanya udah that pathetic gitu bikin gue males sholat, dan PD jaya ngejamak di rumah nanti (tentu saja ini syariat ngasal).

Tapi gak sedikit juga mall yang punya musholla bagus kok. Khususnya akhir-akhir ini. Pertama yang gue tau di PS. Dulu paling enak kalo sholat di PS meski lokasinya masih di sebelah tempat parkir tapi masih ok-lah. Tipe musholla di Plasa Semanggi juga sama kayak di PS tadi, bersih dan nyaman hanya sayang masih di sebelah tempat parkir juga yang artinya waiting area-nya gerah karena udah diluar daerah AC. Trus waktu PIM II jadi ternyata mushollanya juga nyaman abis dan udah ada di dalam mall bukan di gedung parkir lagi tapi tempat wudlunya masih dikit jadi suka ngantri lama. Sekarang ini musholla paling enak buat gue masih di Senayan City, itu mall meski barang-barangnya harganya seanjing-anjing tapi mushollanya paling keren, enak, lega dingin, wangi, hebat pengelolanya *bungkuk hormat*. Manajemen gedung sepertinya sengaja ngemisahin musholla untuk pengunjung dan untuk pegawai (so-called executive musholla, asli gue sempet ragu-ragu gak PD buat masuk pertama kali, kirain tu musholla khusus untuk bos-bos doang, lagian namanya sok ok gitu pake-pake executive, gue mikirnya kayak executive lounge di bandara aja : minimal harus punya gold).

Musholla di mall sering gue jadiin salah satu alat bantu buat judging kalo lagi ta’ruf sama cewek (lambemu dep, muke tu muke), ummm ok ok bukan ta’ruf deh, pdkt bahsa pop-nya. Gini, kalo pas lagi jalan bareng di mall ada gak si dia (jie jie idep) sholat pas lagi waktu sholat. Gue jelas jauh dari alim, gak ada bau-baunya sama sekali. Bejat bangsat ? lumayanlah tapi et lis gue masih gak nyaman ngerasa gilti aja kalo gak sholat : the easiest way thanking to HIM for everything (FYI : temen gue Yudi Nugroho lebih parah tepat waktu-nya, meski nafsunya gede dan maniak bokep tapi beliau bener-bener gak bisa nunda-nunda sholat, he's obviously the best in this category). Dan sholat gue adalah sangat cepet (FYI : temen gue Yudi Nugroho masih jauh lebih cepet sholatnya, gue ngupil baru jadi nemu dua buah sama dengan dia udah kelar 4 rakaat), sampe kalo ada yang bawel “gila dep, lo udah kelar ? cepet aja sholat lo, gue kelar kencing lo juga kelar sholat” pasti gue selalu ngeles bijak diplomatis “Berisik ! gue tuh udah disuruh sholat sama mak gue sedari jaman TK, semua surat udah hafal di luar kepala”. Tapi ya itu tadi, kalo mall mushollanya kotor gue suka jadi males yang artinya gue gak akan bisa buat judging si kecengan tadi. (jie jie idep, mas-mas banget sih kecengan). Jadi gue pikir udah sepantasnya kalo semua pengelola mall lebih peduli sama kondisi musholla di gedung mereka, toh itu dalam rangka melayani konsumen mereka juga, sama halnya mereka bisa nyediaan toilet mewah canggih dengan urinoir otomatis jadi harusnya juga bisa dong buat nyediain musholla yang proper. Gak perlu mewah, cukup bersih aja deh. Dan plis jangan di basement parkir paling bawah, plis. Karena ini urusannya dengan kenyamanan waktu lagi laporan ke KOMANDAN paling tinggi.


Labels:

6 Comments:

Blogger andy said...

setuju banget nih... yang paling parah tuh kalo ke ITC mangga dua, nggak ada tempat sholatnya sama sekali, pegawai2nya pada sholat di depan lift barang gitu.. dan kalo mau Jumatan jauh gitu mesti keluar area perbelanjaan...

review yg bagus, entar kapan nyoba deh yg di senci..

makasihhh...

8:25 AM  
Blogger om idep said...

Duh bung, gue udah sengaja gak mau nyebutin nama tempat yang jelek eh situ nyebut nama, terlanjur deh.

Bener banget pertokoan Mangga Dua tu kurang ajar banget, gue juga pernah disitu. Aturan kita boikot aja pertokoan-pertokoan yang gak "ngehargain" customernya, hueheuheu...

4:26 PM  
Blogger rossyy:) said...

lucu bgt dep di sign-nya, cuman setiap kata pengunjung yg diterjemahin ke bhs inggris ("costumer")hehe

12:17 PM  
Blogger om idep said...

Lucuan mana sama sign di Bandara INTERNATIONAL Cengkareng (gue liat pas di restroom) :

"If you something suspect or can be disturbed aviation safety please contact : xxxxx "

4:32 PM  
Blogger nYam said...

pwaling naudzubillah dulu musholla di bintaro plaza. untung skarang dah dibikin musholla baru yang lebih bagus.

ga di basement, cuma sempitnyaaa. buat cewe aja cuma bisa satu shaf. dan ga bisa lewat kalo ada yang sholat di ujung pintu masuk...secara bener-bener sempit. dan selama hamil, gw sering sholat di situ. saat itulah gw nyadar kalo hamil itu kadang idem dengan gendut he he he

11:19 PM  
Anonymous daru said...

musholla eh masjid di bidakara/ bumikarsa Dep...
biar di basement tapi keren.... wangi... komplit lah, adem ber AC.

Tempat wudhu sama kamar eek dan pipisnya banyak...

coba deh ke bumikarsa kalo mau eek... eh sholat....

2:42 AM  

Post a Comment

<< Home