Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Tuesday, January 01, 2008

The Gorgeousless Traveller (Scotland II : Edinburgh)

…Sejam lagi masuk tahun baru 2007: kita kedinginan di mobil yang jalannya lelet karena ujan dan kabut, lembab, laper, bau asem, gelap sepi, middle of nowhere karena Edinburgh udah sejam jauhnya dibelakang sedang Newcastle masih lumayan jauh didepan, Angel of The North yang harusnya keren pun keliatan gothic pas kita lewatin (bisa jadi kita satu-satunya mobil yang tolol nekad jalan nyusurin highway A1 pesisir timur UK radius 30 mil di malam badai itu), radio cuman nyiarin cancellation – dengan reporternya yang sok heboh – di hampir semua new year eve di seluruh UK. Gue yang harusnya giliran jadi navigator nemenin Raihaan malah terkantuk-kantuk sesekali bablas, ngiler mangap ngeces dengan posisi kepala mendongak. Jelas acara tahun baru kita udah gagal total gara-gara cuaca busuk yang menghantam seluruh UK kecuali London
















Belum ke Scotland kalau belum ke Edinburgh, ibukota Scotland yang meski kalah besar di banding Glasgow tapi kota tuanya menurut gue yang paling keren di seluruh UK. Edinburgh termasuk kota turis nomor dua setelah London, apa-apa jadi relatif mahal disana karena itu kita milih akomodasi di Glasgow aja yang jaraknya hanya kurang sejaman dari Edinburgh. Scotland adalah bangsa dengan pride yang tinggi, khususnya sejak England menginvasi Scotland tahun 1296 dan sampai 1707 ketika akhirnya Scotland bergabung menjadi bagian dari United Kingdom bersama Wales dan Northern Ireland. Meski begitu mereka tetap bangga dengan sejarah besar mereka, keliatan jelas banget. Edinburgh castle contohnya, kastil sekaligus museum militer sejarah panjang perjuangan mereka. Sebagai ABRI wanna be, jelas Edinburgh castle jadi tujuan utama dan pertama gue.

Edinburgh
castle lokasinya di puncak bukit karang di tengah-tengah kota: anggun, gagah dan serem. Gue yang biasanya kurang tertarik sama berbagai kastil selama di UK (habis hampir semuanya mirip serupa) tapi gak untuk Edinburgh castle. Kastil ini bener-bener kayak yang ada di komik-komik petualangan Johan and Pirlou jaman gue SD (lo yang anak 80an pasti tau komik karangan Peyo ini, itu lho yang ngarang Smurf). Landskapnya yang berlapis-lapis khas benteng buat pertahanan. Yang jelas lokasinya dipuncak bukit karang bener-bener strategis. Di dalam kastil ada banyak bangunan yang sekarang tentu aja udah di alihin jadi museum. Gue ngiler berat ngeliat segala macem pernak-pernik dan sejarah militer Scotland. Heran kenapa di negara maju museum kok bisa menarik dan rame kayak Dufan, beda jauh sama di Indonesia. Keliatan banget mereka menghargai betul jasa-jasa pahlawan mereka (jie jie bahasa gue kayak pak guru Pancasila) dari kondisi yang sangat-sangat well maintenanced. Kadang gue rasa Indonesia dikutuk gak bakalan maju-maju selama masih tetep cuek, gak ngehargain dan gak aware sama segala hal-hal yang berkaitan dengan sejarah perjuangan bangsa kita dulu (jie jie bahasa gue kayak pak guru Pancasila lagi). Di Indonesia museum itu identik dengan tempat yang garing, gak terawat, sepi dan paling mentok cuman bagus buat lokasi foto prewed doang atau gak studi tour-studi tour anak SD yang dipaksakan. Duh, liat aja kalo gue punya anak entar dijamin bakal gue cekokin budaya mencintai museum sedari dini (pesan sponsor: hello, anybody want to raise my baby ? ). Sehari rasanya kurang buat namatin setiap detail kastil ini. Parah, segala sesuatunya rapi teratur, fungsional dan well organised, satu hal kenapa gue suka army things.
















Oya, tepat dibawah bukit
Edinburgh castle ada West Princess St Garden, jalan paling eksis di Edinburgh. Kita datang ke Edinburgh pada waktu yang lumayan tepat meski kehilangan festival-festival yang kebanyakan jatuh pas summer tapi masih ada Hogmanay (istilah new year untuk Scottish) yang berpusat di Princess St ini. Tapi waktu itu masih tanggal 30, sedang party gede-gedean di sepanjang Princess St area baru digelar besoknya. Dari kastil, kita sempetin jalan-jalan di sekitaran Princess St, kebetulan ada pasar malem di tamannya. Sumpah ! tanggal 30 waktu itu cuaca masih cerah abis-abisan, cuman sempet ujan gerimis sedikit pas kita mau cabut ke Glasgow buat check in, suatu hal yang bakal vice versa besoknya. Tapi kita udah exicted buat balik lagi ke Edinburgh besok sore demi New Year Eve, kapan lagi liat festival Hogmanay terbesar di dunia. Ternyata keluar dari Edinburgh buat nyari highway M8 ke Glasgow tanpa GPS susahe pol, ada kali kita sejaman muter-muter lost gak bisa nemuin jalan ke M8. Pertama kita gak bawa GPS, kedua bodohnya juga gak bawa map Edinburgh, ketiga udah malem jadi susah baca direction sign, ke empat ujan aja gitu bikin males. Untung Edinburgh enak kotanya jadi ya kita sekalian nyasar-nyasar sekalian juga liat-liat. Sampe akhirnya kita nemuin juga M8 dan segera ngebut ke Glasgow (kata temen gue, karena gue udah tidur seperti biasa T_T). Akomodasi kita di Glasgow menurut gue adalah yang paling proper kalo gak bisa dibilang mewah. Apartemen dua kamar fully furnished. Kalo lo rajin browsing kadang suka beruntung bisa nemu apartemen-apartemen kosong yang disewain sama pemiliknya (yang tajir) buat traveler dengan harga murah abis. Dibanding youth hostel kami sewaktu di Aberdeen apartemen ini mewah banget, lengkap dengan TV LCD gede, dua bed empuk dan yang jelas lega abis. Nemuin alamat apartemen ini juga butuh perjuangan lagi, karena kita peta buta tanpa GPS dan printed map.
















Besoknya, tanggal 31, kita sengaja bangun pagi mau nyempetin ngabisin seharian di Glasgow sebelum ke
Edinburgh lagi. Kebalikan dari Edinburgh, gue justru kurang suka Glasgow, kotanya agak industrial dan gak menarik sama sekali (subjective opinion). Sampai-sampai kita bingung mau kemana hari itu. Pagi itu udah mulai hujan, kalau bukan karena jam check out yang terbatas gue lebih prefer buat stay di 'apartemen mewah kami’. Kami mutusin buat main ke Glasgow Science Park (sounds weird for old ‘om’ like us went to kiddie park) dan lebih kurang kerjaannya lagi kita malah nonton a Night in the Museum buat ngabisin waktu (pinter abis, jauh-jauh ke Glasgow malah nonton bioskop). Akhirnya sore dateng juga dan kita langsung kembali ke Edinburgh, kali ini lebih mudah karena kita masih hafal jalannya. Tapi cuaca makin kancut, ujan masih aja dan makin malem justru makin deres. Udah kadung basah sampe Edinburgh, kita tetep ngotot buat ke Princess St. Dari parkiran mobil ujannya makin gak lucu, jaket gue mulai basah kebles, anginnya mulai nyolot. Outlet-outlet fastfood makin sesak dan gak ngebolehin dine-in kudu take-away secara banyak yang ngetrik buat berteduh mure meriah. Bodohnya: kita masih kekeuh bertahan di Princes St berharap siapa aja tau ujan mendadak brenti. Tapi yang ada ujan makin deres dan anginnya makin gila. Kalo di kartun-kartun ada adegan orang susah jalan karena ngelawan angin sampe nyaris bisa kedorong kalo posisi badan gak miring ke depan, nah gue bener-bener ngalamin kondisi itu. Baiklah, ujan dan angin yang makin kenceng, perut makin laper dan kita tanpa payung pun mantel aja: jenius pintar abis kau nak.
















Makin lama kita makin realised New year celebration gak mungkin bakalan ada. Cuaca makin nyolot dan genangan air mulai kebentuk dimana-mana. Akhirnya kita putusin dengan berat hati kalau kita juga harus cabut dari Ediburgh, planning kita ngabisin New Year di Edinburgh jadi kita gak booking akomodasi apa pun malam itu dan kita gak mungkin nongkrong ujan-ujanan do nothing nungguin pagi. Plan B, kita cabut ke Leeds malam itu juga, menembus cuaca jelek dan badan lumayan basah kuyup gak pewe abis. Sial sial, berantakan semua, gagal liat party yang termasuk terbesar di UK, gagal ngeliat fireworks di negeri orang secara langsung, gagal liat scotish-scotish mabok masal. Dan kisah selanjutnya adalah prolog postingan di atas tadi…
















Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home