Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Wednesday, March 07, 2007

Ngayogyakarto Hadiningrat















“Dep lo biasanya kalo nongkrong dimana ?”, uni Anggie sepupu gue sempet nanya pas malem mingguan di Jogja. Ingat betul waktu itu pertengahan tahun 1997, gue baru aja balik dari Semeru selama seminggu : rambut kribo kucel jarang mandi, bibir tebel item kelupaan bawa lipglos dan kulit gosong males pake sun block. Oya tahun2 segitu lagi hive2nya berbagai macam mall dan tempat gaul di Jakarta, makanya dia kaget pas gue bawa ke nasi goreng Sagan. Nasi goreng Sagan ? itu kan cuman warung tenda biasa banget di pojokan Galeria mall, yang rasa magelangannya gak begitu hebat-hebat betul. Tapi bagi anak PHC angakatan 98 pasti tau tempat itu karena selain posko di sekolah dan lapangan basket, sego goreng Sagan adalah tempat paling gampang kalo nyariin anak2.

Begitulah Jogja yang pernah gue rasain di era 90an, jaman2 masih SMA. Waktu di Jogja rasanya berjalan lambat sekali kalo gak bisa dibilang berhenti. Contohnya di bidang musik, ketika Britpop menyerbu Jakarta dengan munculnya Pestol Aer, Rumah Sakit, Planetbumi dkk, kita di Jogja masih berasyik masyuk dengan Speed Metal, Trash Metal, Black Metal bahkan Slow Rock seangkatan Bad English dan Helloween ?! Ketika di Jakarta nongkrong di kafe lagi gaya2nya sampe musim kafe tenda artis eh kita di yang di Jogja definisi nongkrong yo iku thethek rame2 nyangkem, nggambleh, asu2nan di angkringan mana aja di seantero Jogja. Dept store paling mentok juga cuman Matahari atau gak Ramayana dan Robinson, karena gak ada trend mode yang terlalu mencolok di Jogja. Pokoknya saat itu rasanya ada invisible shield yang melindungi Jogja sehingga bisa dibilang kami ketinggalan jaman, wong ndeso kalo kata Tukul.

But who cares though ?! Justru itu yang membuat Jogja beda dan selalu bisa bikin ikatan batin kuat bagi semua orang yang pernah tinggal di Jogja, entah berapa bulan entah berapa tahun mereka tinggal di kota ini, Jogja akan selalu beda. Tapi mungkin gak lama lagi (atau mungkin sudah) Jogja akan kehilangan auranya, ketika pergi ke Hugos adalah suatu kebanggaan dibanding thethek di Benteng, minum Frapucino adalah keharusan dibanding kopi Joss Tugu, make baju distro produksi distro2 yang selalu memasang label ‘established since’ setua mungkin untuk mengaku2 paling senior atau denger2 makan Breadtalk, Roti Boy dan Jco sudah lebih menarik dibanding jagung Gejayan. Makin lama makin aneh aja, gak ada beda antara Bandung, Jakarta, Makassar, Jogja dan kota2 besar lain di Indonesia. Semua semakin menjadi homogen, seragam dan buat gue sangat membosankan, efek globalisasi ? mungkin saja.

Sumpah, lagi kangen Jogja yang asli : kota dimana waktu bisa selalu terasa berhenti...





*) picture courtesy of www.indocir.com

Labels:

8 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Huaa.. iya ik, kalo di Jogja tu waktu serasa berenti.. huhuhu..
Jadi kangen sama kucingan paling enak sedunia, yg dimana itu ya namanya di perempatan yg depannya ada bank bukopin kalo nda salah..huhu lali aku..;p
Trus bebek goreng depan ugm, mie ayam depan hotel ..mm oalahh..lali je..hotel apa yaak..phoenix apa ya..

minum jahesusu sama rondo kemul huekekekk...;p Bakmi Jombor, weleh.. yg aku inget dr jogja kok malah makanannya smua ya..hikikik..

Aku malah belum pernah lg liat jogja yg sekarang katanya jd metropolis itu ya?..hiks...waktu liat jogja mulai ditumbuhi dgn distro & lounge aja sedih banget.. Kaya bukan Jogja lg..huhuhuu

Ah..kangen Jogja..=(

4:08 PM  
Blogger : dhia : said...

Jogja itu cuman nyaman buat orang jogja... etlis buat yg bisa bahasa jawa.... *korban kebohongan tukang becak dan tukang jualan gudeg jogja*

Gimanapun Bandung is the best lah :) Bukittinggi juga ngangenin, terutama makanannya

6:33 PM  
Blogger om idep said...

Wah salah besar kamu dhi...

Si Devi itu bukan orang Jogja lho, Gue ? padang abis ! Pokoknya orang yang pernah tinggal di Jogja pasti kangen Jogja terus deh. Kamu harus ngerasain tinggal beberapa waktu dulu, bukan sebagai turis.

Gue 6 tahun di Bandung, 8 tahun di Jakarta, 6 tahun di Jogja tapi kok lebih ngerasa jadi orang Jogja. Hebatnya Jogja, disana bisa 'memaksa' penghuninya yang multikultur menjadi 'orang Jogja'. Coba ingat selama di Bandung ada gak kebiasaan orang2 Bandung yang kamu ikutin seperti kebiasaan 'lek2an' yang diikuti di Jogja ?

Gak bisa disamain dhi, apalagi dengan Bukittinggi yang jelas2 homogen penduduknya, Jogja menjadi beda bukan sekadar romantika makanan belaka...(justru di Jogja gak ada makanan enak :-( )


*malu2in banget sih masak orang Minang sampai bisa diota*

12:12 AM  
Anonymous Anonymous said...

Wah iya tuh aku bukan org Jogja tp udah cinta banget ama Jogja...
Emang sih musti ngerasain bbrp lama disana & nda nuris, tp krn dah keseringan kesana ya berasa nda nuris.. Jogja tu nda enak dinikmati dgn gaya turis, apalagi naik mobil atau makan di resto2 kaya gajahwong..Sayang bgt ya..gak bisa nikmatin Jogja'nya..mustinya motoran trus ngangkringan..hehehe

Bener banget kata Mas Idep, kalo Jogja yang asli = kota dimana waktu bisa selalu terasa berhenti...

Aku dari lahir di Jkt, beberapa tahun di Bdg, tp rasanya aku gak ngerasa jd org Jkt atau Bdg.. huehehe..
tetep cinta Jogja...Semarang deh yg kedua.. kampung halaman leluhur ;p

Soto Ayam depan stasiun Tuguuuu.. huaa.. slruptt...

9:18 PM  
Anonymous Anonymous said...

Dep kapan kowe mulih nek yogya, tak tunggu nek Beder...

10:08 AM  
Anonymous Anonymous said...

halah... klo Lya mah, mo Jogja yg dulu kek... Jogja yg skr kek.... tetep aja Jogja ngangenin..:(

8:31 PM  
Blogger Something To Say said...

This comment has been removed by the author.

3:05 PM  
Blogger Something To Say said...

Setuju Dep! Jogja adalah kota yang bisa membuat hati serasa di tanah kelahiran, entah kenapa gw selalu lebih kangen Jogja yang cuman 1,5 taon gw tinggal di sana ketimbang Malang yang sampe 5 taon. Atmosfir jogja serasa beda di banding Malang, Bandung, Surabaya let alone Jakarta. Buat gw Jogja never ending love lah...

3:07 PM  

Post a Comment

<< Home