Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Monday, February 26, 2007

Nggambleh

Kalo nanti punya anak cowok gue mau ngasih nama Wayang : Wisanggeni kalo gak Antasena. (Jangan ngetawain, efek stres super hebat mikirin thesis yang jahat)




Karena itu adalah dua tokoh wayang favorit gue. Meski sakti mampus (sampai-sampai harus moksa sebelum Bharatyudha dimulai) tapi mereka sangat2 rendah hati dan yang menarik mereka gak pernah bisa berbahasa halus kepada siapa pun (outspoken abis), bahkan kepada sang Hyang Wenang sekalipun dan yang jelas Wisanggeni itu berwajah sangat sangat tampan secara dia putra Arjuna. Nama adalah doa, jadi siapa tau anak gue nanti jadi super sakti (part timer IBL yang summa cum laude IF ITB lalu beasiswa Warthon Business School tapi tetap rendah hati dan tidak sombong T_T). Ceritanya begini :

Sabtu minggu ini full garing gak ngapa2in, maklum dah akhir bulan jadi bener2 bokek ngekek. Akhirnya wasting time baca Barata Yudha-nya Sunardi D.M, jauh sih dibandingin gaya bertutur Seno Gumira jauh bet tapi not bad-lah cuz isinya ringkasan Barata yudha, bener2 diringkas jadi lebih kayak sinopsis jarang ada dialog dsb, tapi not bad-lah lagi cuz gw jadi sedikit lebih jelas ama silsilah-nya tokoh2 Barata Yudha cuz emang hubungan mereka tu carut marut, anak ini nikah sama sepupu itu, titisan ini besan sama raksasa itu, pandito ini ipar sama senopati itu, tapi tetep K-E-R-E-N. Fantasi gw menari2 baca ringkasan kisah2 itu, pas lakon Kresna Duta misalnya :

"...Tiba-tiba Raden Setyaki memasuki tempat pertemuan dan melapor kepada Sri Kresna,"Gusti, di luar pasukan Astina telah siap untuk menumpas habis pasukan kita termasuk Paduka. Suyudana ternyata sangat jahat di semua penjuru bala tentara Kurawa telah siap bertempur. Prajurit-prajurit bersenjata yang memasuki kraton telah banyak". Mendengar ini Prabu Kresna marah sekali. Ia segera meninggalkan tempat pertemuan, menuju alun-alun, lantas bertiwikrama. Tubuhnya berubah menjadi sebesar gunung, seperti Betara Kala yang sedang marah. Dari tubuhnya keluar api. Semua kekuatan manusia sejagat dan dewa se-Suralaya terkumpul pada tubuh Sri Kresna. Prabu Kresna telah membuktikan dirinya titisan Batara Wisnu sejati, semua jenis senjata yang ada di dunia ini berada di tangannya..."

Tiwikrama ?! How cool it gonna looked if were filmed ? Gila gw ngebayangin Sri Kresna transform into something awesome, layaknya Songoku ngamuk jadi super saiyan tapi dalam bentuk raksasa yang dahsyat banget. Cerita di wayang itu unik dan aneh, creature tersakti memang Batara2 dan Dewa2 di Suralaya, tapi tetep aja mereka masih defeatable. Tokoh2 yang asalnyanya ajaib kayak Aswatama dari kuda Sembrani, Adipati Karna dari kuping Kunti ato Jayadrata dari kulit bungkus bayi Bratasena. Aji2 yang gak kepikiran kayak Tiwikrama, Candabirawa-nya Prabu Salya (seperti digimo, kita tinggel diem yang tempur monster2 peliharaan kita) yang bisa ngeluarin raksasa yang gak abis2 kalo dibunuh malah makin banyak, Antarja (gw ngebayangin-nya kayak Reptile di Mortal Kombat) yang cukup ngejilat jejak kaki bisa bikin orang tersebut mati. Negara2 dan bangsa2 dengan tata sosial yang beragam mulai dari Pandhito, Raksesa, Batara, Dewa, Satria, Adipati, Senopati. Setiap tokoh2 di wayang juga memiliki ciri khas, mulai dari gaya berjalan, pakaian, suara sampai gaya berbicara. Senjata2 eksotis kayak Cakra, Kuntawijaya, Nenggala, Gada Rujakpolo, Pasopati. Perang batin, ada tokoh2 yang sebenarnya condong ke Pandawa tapi karena berpegang teguh prinsip kstaria bela nagara jadi terpaksa berada di Astina, meski begitu pas di Kurusetra tetep aja semua-nya bertempur mati2an ngeluarin kesaktian masing2, bela negara atau kebenaran (what a nice thought). Belum lagi sikap2 dan cara mengambil keputusan mereka yang mitologi banget, sangat hiperbol dan kaku ! Tapi yang jelas kisah2 di wayang selalu memiliki nilai filosofis yang akan selalu bisa direlevan-kan dengan kehidupan kita sehari2.

...Prabu Kresna : "Ya anakku, hadapilah uak-mu Adipati Karna atas perintahku". Raden Gatotkaca melakukan sembah, katanya "Siap Uak Prabu, demi perintah Prabu ananda akan menghadapi mati tanpa berkedip. Jangan lagi hanya seorang Uak Adipati Karna, walaupun menghadapi sejuta uak Adipati Karna ananda sanggup menghadapinya. Sembah ananda untuk Uak Prabu, semoga restu paduka akan memudahkan, Ananda tidak mengharapkan untuk hidup, karena Uak Adipati Karna itu sakti sekali". Mendengar ucapan terakhir ini Prabu Kresna batinnya sebenarnya hancur. Rasanya seperti menyesal sekali, seolah2 ia telah mengeluarkan perintah yang salah. Timbul rasa belas kasihan Prabu Kresna membayangkan..."

Asli kisah wayang itu bagi gue sebuah cerita yang masterpiece banget, gak akan pernah bosan gue ulang2. Sayang kebanyakan resource wayang masih selalu dalam bahasa jawa alus, ono sing in Indonesia gak yo ? soale nek Jawa alus blas ra dhong aku, nggambleh...



*) blog ini disunting dari personal web saya

Labels:

14 Comments:

Anonymous Anonymous said...

wisanggeni? okelah, nanti gue tau dua pemilik nama wisanggeni :-p

12:39 PM  
Anonymous Anonymous said...

Sebenernya tergantung sih chie, sama Bunda Mariana Renata Mehan nanti sepakatnya gimana...>_<

2:03 PM  
Anonymous Anonymous said...

aku yo ora mudheng le' kromo inggil.. opo toooo ikuu..

btw, BUMI adalah nama depan anakku kelak, jangan dicontek@#ahuhauahuahuahauhau

8:49 PM  
Blogger om idep said...

ih curang ?! kok sama gitu ?! jangan bilang anak kedua namanya LANGIT juga ya ta ?

11:03 PM  
Blogger Unknown said...

hmmm...
tahu ga cara matinya Gatotkaca? hebat, ga terpikirkan, sangat emosional.

btw, sama Harry Potter apik ndi def?

huehehehe

4:17 AM  
Anonymous Anonymous said...

Tau lah ru, Kunta dilepas Karna otomatis mencari rangkanya yang masih tertanam di pusar Gatotkaca jadi udah kaya sidewinder aja tuh bisa ngejar kemanapun dia menghindar.

By the way kalo aku suka Antareja, Reptile-nya Mortal Kombat abis !

4:38 AM  
Anonymous Anonymous said...

Udaaaaa... kan Lya dah bilang ntar anak kedua Lya namanya Banyu langit... (biar cocok ama uni- nya "Rayya Jingga";) jangan dipake lagi dong.....
btw dulu Lya juga mo ngasih nama anak Lya klo co "Wisanggeni", huehuheu... biar ganteng n cool.. ga kayak om nya yang narsis n banci foto, huheuehuehueh....

7:38 PM  
Anonymous Anonymous said...

Dep, coba deh ke kibroto.blogspot.com
ada penggalan kisah ramayana dgn cara bertutur yg laen...
Btw, au nggoleki buune wisanggeni ning granedia.. entek kabeh.. penasaran nih..

12:05 AM  
Blogger : dhia : said...

Bbrp kali bolak balik disini, pengen ngasi komen... Tapi bingung...

11:11 PM  
Blogger Seorang Sendja said...

wah...main wayang2an dia...kesini aja,abang gw punya sayapnya gatot kaca..hehehe dia jg ngefans wayang bgt2an..

gw sih sukanya samaaaa...samiadji..hauhahaha..

12:08 PM  
Anonymous Anonymous said...

Wah nek si mas pengennya punya anak namanya Vishnu.. nek aku sih Michael aja atow Richard gitu huakakakakaka..;p

Huaaah.. Tiwikrama..! iya tuh dari kecil slalu ngehayalin kl Sri Kresna tiwikrama kaya apa.. guedeee bangeett.. nyeremin buangeett..

4:13 PM  
Blogger mel@ said...

bukannya yang buku RA Kosasih itu bahasa indonesia ya... pake versi komik lagi...
dulu si aku seringnya baca buku yang itu... tebel2 juga tetep asik aja bacanya...

1:59 AM  
Anonymous Anonymous said...

Wah aku seneng banget ijih ono sing seneng budoyo kang adiluhung...Rikala aku ijih enom ( bujangan ) nek duwe anak lanang arep tak wenehi aran Abimanyu. Ee...ndilalah anake pak rt wis dijenengi Abimanyu. Sementara saiki anakku arep lair nek dijenengi ndak diarani modoni. Bingung aku.......

10:25 PM  
Anonymous Anonymous said...

perlu memeriksa:)

12:46 AM  

Post a Comment

<< Home