Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Monday, August 14, 2006

Kerja Bakti

Gw tinggal di kompleks yang mayoritas cina, mungkin bisa sampai 85% kali (pengambilan statistik ngawur ala Roy Suryo). Tapi minggu kemarin, 4 hari kurang hari Kemerdekaan 17 agustus, ternyata tetap ada Kerja Bakti lho. Wuidih hebat deh ! Bahkan 6 tahun tinggal di Bandung aja gw gak pernah nemu orang Kerja bakti, khususnya di kampung tempat gw kos. Dan ini di Jakarta yang katanya orangnya udah pada individualistis, di Kelapa Gading daerah cina yang katanya pada gak punya rasa Nasionalisme dan kinda EGP ternyata malah ada Kerja Bakti.

Emang sih gak bisa dibandingin sama semangat kerja bakti di Pandeyan, kompleks rumah di Jogja. Kalo gak salah bisa dua bulan sekali tuh ada kerja bakti, bukan hanya mau pas 17an aja (bahkan pas adek gw nikah seluruh panitia-nya adalah tetangga2, baik banget ya ?). Kerja bakti di Pandeyan meski lebih capek tapi gayeng (jawa : seru/asik). Mungkin karena secara kultural gw lebih nyambung sama orang Jawa kali. Ruame banget, bahkan anak2 yang ngekos (yang seharusnya gak wajib) juga ikutan. Para bapak2 kompleks di kompleks ternyata kocak abis, 'lambene' ndaghel kabeh. Dan kerja bakti kami tidak main2, pernah kita mindahin gardu (kira2 ada kali 3 kali kita pindahin tu gardu) yang berat banget, pernah juga nguruk buat bikin jalan ke rumah2 baru. Jadi saking gayeng-nya bahkan suka gak kerasa kita udah 4 jam-an, pokoknya kalo kerja bakti di Pandeyan pasti lo bakal ketawa ngakak terus2an. Ummm benernya gw gak terlalu hobi kerja bakti sih (bahkan lebih sering suka ngabur, ato gak lempar2an jatah sama papi), karena dulu pas baru pindah gw belum terlalu kenal. Itu dia, kerja bakti akan membosankan kalo kita gak terlalu kenal. Menurut gw (seumur2 gw ikut beberapa kali kerja bakti), tradisi kerja bakti di perkotaan worth bukanlah di hasil kerja-nya itu melainkan di sosialisasi dan atmosphere yang terbentuk antara orang2 kompleks itu sendiri, jadi saling bisa lebih akrab, yang tajir dan yang so-so megang gatul dan job desc yang sama.

Sedikit beda dengan kerja di bakti di Kelapa Gading kemarin ini, semua bawaanya sama : sapu lidi, padahal jelas2 yang mau disapu gak ada. Gw aja bisa 5 menit cuman nyabut beberapa helai rumput saking bingungnya mau ngapain. Abis apa lagi yang mau dibersihin ? soalnya pada punya banyak (maaf) pembantu jadi lingkungan kami toh juga udah tiap hari bersih (narsisto in corpore sano : di dalam tubuh yang narsis terdapat jiwa yang sehat). Tapi lucu juga lho, kebanyakan kami yang dateng, meski bawa sapu dan pengki tapi cuman ngemeng2 aja gitu. Banyak juga sih yang gak dateng, bahkan ada yang karena ke gereja malah nyetor pembantu sampe dua segala. Intinya mereka sama aja kok kayak kita, orang2 yang ngaku pribumi asli Indonesia : ono sing sregep ono sing mememengan. Gw yakin semua lingkungan kompleks rumah se Indonesia kemarin minggu kemarin ini pasti pada kerja bakti, hayo pada ikutan kerja bakti gak ? Kalo gak simpan dulu aja yang katanya semangat nasionalis dan cinta Indonesia itu dalem2 (kalo tiba2 lo mendadak malu itu masih pertanda bagus). Karena kerja bakti Agustusan itu wajib hukumnya, lah pacar lo ultah aja lo celebrate seheboh mungkin, ayolah anggap aja kerja bakti Agustusan itu termasuk dalam effort to respect your country, especially our independence day…

Labels:

4 Comments:

Blogger nYam said...

bentar....jadii....adikmu dah merit....trus panitianya tuh tetangga...
1: lha kamu ngapain ^_^
2: trus kapan kamu dipanitiain?

*napsu wartawan*

6:57 PM  
Blogger the i.d.E.p said...

1. Karena keterbatasan kondisi geografis, mase mung iso teko mulai acara bleketepe. Doa kakak yang penuh ikhlas dilongkahi untuk adiknya dijamin pasti mujarab ^_-.
2. Saya akan 'dipanitiain' ketika Mariana Renata wis rampung le sinau Master neng UNSW.
3. Ada pertanyaan lain ?


*gaya selibriti pas jumpa PERS*

7:48 PM  
Blogger ~dhia~ said...

pertanyaan sambil ngacung .
Jadi itu artinya apa???

10:05 PM  
Anonymous Anonymous said...

Aduuuuuh kok pada bandel ya ?! yang dibahas Kerja Baktinya dhuooooooong.....

*tanya jawab selesai*

4:50 AM  

Post a Comment

<< Home