Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Sunday, July 30, 2006

Hemat Never Die

Ngeliat iklan Sampoerna Hijau gw jadi senyum sendiri, gak nyangka tips hemat gw ternyata bisa dijadiin bahan iklan. Jadi ceritanya begini, Pas semester 6 kuliah di Bandung dulu, gw sempet bawa mobil bentar. Feroza G2 97 adalah kendaraan ciptaan manusia yang dibikin untuk menguras uang bulanan anak kos. Itu mobil bangke banget, dikit2 minta diisi, udahlah shocknya gak enak, udahlah kalo belok gak bisa patah, aneh juga gw mau bela2in bawa tu mobil, makanya cuman bertahan beberapa bulan. Financial gw seharusnya gak bakal ancur babak belur kalo nyokap gw ‘perhatian’ nawarin nambah duit bulanan secara cost anaknya sudah pasti meningkat. Sayangnya beliau kool-kool aja tuh dan gw gak enak juga kalo inisiatif minta tambahan. Terpaksalah 1001 tips hemat ala gw harus dipikirkan.

Langkah hemat pas kuliah dimulai dari sarapan nasi kuning yang 1000an (serius gak boong), sukur2 kalo nemu receh 500an bisa buat nambah lauk tempe mendoan atau gak gehu. Karena udah sarapan maka gw jadi kuat nahan laper sampe siang, iya kuncinya adalah menggeser jadwal makan lo. Jadi gw baru makan siang menjelang sore, hal ini bukan hanya bisa menjaga jarak makan lo secara efektif tapi penting untuk trik gw berikut ini. Makan menjelang siang-nya gw beli nasi padang dengan lauk paling murah yang gak mencolok : telor ! trus gw minta dibungkusin nasi tambuah yang minta disiram kuah2an buat bakal jadi makan malem gw nanti. Nah itu dia kenapa gw bilang penting di timingnya karena kalo terlalu lama, nasi tambuah yang udah dikasih kuah itu bisa basi, make sense kan kalo makan siang lo harus agak2 menjelang sore gitu, supaya jarak ke makan malemnya gak terlalu jauh. Malemnya nasi bungkus yang udah dikasih kuah itu baru gw makan ditambah gorengan yang mangkal deket kompleks Griya Baleendah di Bojongsoang, atau di depan Indomart lebih tepatnya. Gorengan disitu uenak abis dan selalu panas juga bersih, speciality-nya di bala2 meskipun gehunya juga enak (kebetulan gw penggemar nasi + gorengan sejak SD, jadi tetep enjoy).

Kalo gw mau ekstrim super hemat lagi gw bisa aja gak perlu berkorban beli padang hanya supaya ada alesan boleh beli nasi tambuah. Gw bisa tetep makan di bu Imas yang murah (2000an) karena nasi tambuahnya gw bisa nitip sama temen gw yang beli nasi padang, got the point ? Nah ada dua hal yang harus diperhatikan untuk tips hemat jaman kuliah ini, yang pertama timing makan lo yang nanggung dan warung nasi padang yang gak pelit jadi ngebolehin nasi tambuahnya dipisah dan dikasih kuah (kebanyakan kalo kita minta nasi tambuah langsung disatuin). Setuju gak kalo enak tidak enaknya makan padang adalah di kuah2 gulainya ? (makanya iklan Sampoerna Hijau menggambarkan seperti itu) soalnya kalo daging, telor, ayam atau ikan itu mah dimana2 sama aja rasanya...

Labels:

7 Comments:

Blogger Ni'am said...

pertanyaan: kalo gaji telat, apakah tips hemat itu masih berlaku?

*catet tips hemat idep*

12:45 AM  
Blogger om idep said...

Masalahe ngene nyam, tips diatas itu selama kuliah. Dengan lokasi geografis di DayeuhKolot dimana masih bisa nemu nasi kuning 1000an. Agak sedikit beda kondisinya kalo di dunia kerja.

Kalo gajian telat, tentu aja banyak cara selain ngutang :
1. Numpang makan di rumah sodara, dateng pas jam2 makan, pasti ditawarin.
2. Ngajak jalan co kamu pas jam makan, kemungkinan besar ditraktir makan.
3. Rajin ikut meeting, makan snack-nya sebanyak mungkin (misal : 5 risoles + 4 lemper + 7 kroket, dijamin kenyang sampe malem).
4. Rajin ngider ke meja2 temen sekantor, comel sana comel sini (makanan yang biasa dicomel : rujak, gorengan, biskuit dsb).
5. Cek FS liat siapa yang lagi ultah hari ini, dan todong dia MATI2AN supaya mau nraktir, minimal Junkfood2 maksimal Bakerzin (asumsi friendlist lo 400, ada persentase besar tiap hari selalu ada yang ultah).
6. Kalo mau yang agak islami, puasa daud aja (hari2 pertama bakal berat tapi selanjutnya enteng).
7. Be creative ! karena sesungguhnya telah diciptakan banyak jalan untuk berhemat ! ^_^

2:10 AM  
Blogger : dhia : said...

Lirik komentar no. 2... Hmm...pantesan masi jomblo..... Wakakakakakk... *kabuuuur*

2:19 AM  
Anonymous Anonymous said...

Sialan ! maksud bu Radhia apa ya ? b-(
Gak ada hubungannya hemat mati2an dengan jomblo tau ! adanya hubungan antara hemat dan Nike LeBron seharga 1.4 juta ! (still long way to go) :'((

2:33 AM  
Blogger Ni'am said...

1. antara ongkos makan ama dateng ke tempat sodara, mahalan ongkos ke tempat sodara.
2. kemungkinan cuma 50%, soale kesepakatan makan 50-50
3. kalo meeting gw cewe sendiri, jadi suka kalah dalam hal rebutan makanan
4. temen kantor ga rajin bawa makan
5. belum pernah dicoba....akan diusahakan
6. gw ga sanggup daud, senin-kemis aja deh...lambung gw protes
7. untung uda RM Padang deket kos cukup maklum kalo gw makan cuma pake dadar ^_^

3:22 AM  
Anonymous Anonymous said...

Hohoho ngene nyam, nomor 1 itu efektif kalo kayak aku yang tingal sekompleks sama om. Nomor 2, mosok seh bojo mu ngono kui ? tak kiro aku tok sing ngono :). Nomor 3, sebelum meeting dimulai dekatilah OB, karena itu bergaulah sebaik2nya dengan OB biar bisa cut over. Nomor 4, yakinlah temen2mu tu pasti bawa camilan hanya mugkin diumpetin di laci masing2. Nomor 5, silahkan coba, great ! Nomor6, emang berat sih tapi itu bisa buat sekalian diet ^_^.

8:40 PM  
Anonymous Anonymous said...

wah

masa2 dulu emang makananmasi murah ya

sekarang nasi lodeh aja 3500......

7:27 PM  

Post a Comment

<< Home