Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Wednesday, June 06, 2007

The Gorgeousless Traveller (RBF : Dream Comes True)
















Ario mungkin bakal ngiri sama gue malam tadi, karena setelah mimpi-mimpi basah sejak SMA untuk nonton gigs Reel Big Fish (RBF) akhirnya baru kesampean sepuluh tahun kemudian. Yeah sounds stupid, my gigs virgin lost by an American ska band while I am in
UK ?! Gak masalah karena bagi gue RBF tetaplah a must see band tak perduli kapan pun dan dimana pun saya berada. Trus yo, lo tau gak tiket yang gue dapet nomer berapa ? nomer 001 aja gitu, hell yeah I am your number one fans ! Niat berat karena gue dateng sendirian, tau2 si Dan Regan nongkrong di stand merchandise tapi huhuhu kenapa saya jadi salting ya untuk minta foto bersama dan meaang shit often happens karena gue gak bawa kamera malam itu. Tapi akhirnya gue paksa-paksa Achi temen gue buat nemenin meskipun dia lagi meler. Dibuka dengan Trendy, RBF bener menakjubkan malam itu, orangnya kocak2 bikin gue ngakak terus. Scott sempet nyanyiin Enter the Sand Man dengan suaranya yang bisa jadi James Hetfiled banget trus sempet juga dia nyanyi gaya2 Maurice BeeGees, super konyol sumpah. Belum lagi si Dan Regan sama John Christmast yang selalu memeragakan lirik2 untuk setiap lagu, kalo si Aaron sih gak usah ditanya nih orang entertainer sejati yang PD gila dan gaya main gitar yang dodol tapi clean dan terjaga rapi (apalagi mengingat dia juga sambil nyanyi). Tapi sayang Matt Wong tidak tampak malam itu, gak tau gue does He still in the band or not. Crowdednya juga seru meski gue gak ikutan sama sekali, kebanyakan sih emang anak2 undergrad (duh gue merasa begitu tuanya untuk masih aja ikutan yang beginian btw it seemed we are the only Asian at that night) tapi yang jelas ada cewek di sebelah depan gue gak pake baju cuman BH aja gitu, lumayan kalo dia lagi moshing kulitnya nempel-nempel dikit ^_^.

Tapi gw kepikiran lain gara2 gigs semalem Tau gak kalo negara maju ternyata gak hanya ditandai dengan teknologinya yang maju tapi juga scene musiknya yang udah settled. Kenapa gue bilang settled ? karena mereka selalu punya orang-orang yang konsisten dengan musik yang mereka dengarkan gak peduli lagi trend atau gak. Maksud gue begini, akhir tahun 90an Ska sempat booming di Indonesia, mulai dari band Ska kelas kampung sampe band Ska selebritis berwajah ganteng-ganteng. Bahkan di radio yang konon paling gaul di Jogja ada acara mingguan Top Ten Ska, sebuah acara yang bener-bener bisa bikin gue mual kala itu. Tipikal orang2 hive dan trendy people, ketika hampir semua acara pensi berisikan band-band Ska dengan atribut yang mengesankan mereka akan mati tanpa musik Ska. Lalu akhirnya Ska menghilang begitu aja, berganti jadi jaman hip metal (tau gak kalo si Steve n Coconut dulu adalah band hip metal yang begitu ‘Korn Wanna Be’) trus-trus ganti jaman Melodic Core, jaman Emo, jaman Retro Rock dan sekarang jamannya Elektronik. Sekarang rasanya gak gaul kalo profile di FS para ABG gak nyantumin band2 indie lokal yang artinya : I am fuckin cool so I am listening to fuckin music, what yours then ? Ya ya the Upstairs sekarang memang sudah menjadi musik wajib di mobil2 ABG, lucu juga karena kemana mereka semua ketika jaman2 the Upstairs masih asik mainin Joy Division dan masih jadi band yang dianggap kampung ? Nah itu yang bikin beda, di sini scene musik apa pun akan selalu ada, misal ada sebuah pub di pengkolan Weston Hall yang setiap minggu ada events berbagai macam musik mulai dari Deathmetal night sampe Ska night. Jadilah dirimu sendiri, makanya gue tetap akan nulisin Ska sebagai musik favorit khususnya RBF dan MMB. Terima kasih untuk Aaron dkk yang udah benar-benar menghibur malam itu dan membantu saya melupakan thesis yang lagi lucu-lucunya.









Labels:

4 Comments:

Blogger Oki said...

Haiyaahh...RBF gig, u lucky SOB! There's got to be some gig pics, show 'em up Dep! I'll be the first jealous asswipe to stand in the long line. Di gig itu mereka bawain juga She Has a Girlfriend Now, Take On Me, ama Sold Out ga?
And regarding to your opinion about "Ska and trendy people", my comment is very likely summarized in this song http://www.lyricsfreak.com/p/propaghandi/ska+sucks_20111789.html :) ... oh indahnya masa gitar2an nyanyiin lagu Propagandhi ini di depan para wannabes hehehe ... untung dah tua karang mah.

11:44 PM  
Blogger om idep said...

Selain fenomena trendy ki, adalagi yang paling malesin yang merasa keren kalo ngedengerin musik yang complicated dan susah dimainin dan ngatain punk itu musik skill less...

Dasar dodol emang alesan kita dengerin musik tu dari apanya sih selain nada bukan how hard to play it, in fact they often can not play any music instrument at all !!!

Lagian kalo mau yang skillful dengerin Bach Mass in B Minor yang dinyanyin pake siulan, mabok2 + monyong tu bibir....^_^

3:48 AM  
Blogger Oki said...

Ada dua hal sih :
1. Lyric minded
2. Music minded
3. Hybrid (1 ama 2)

Kalo udah bisa nentuin kita masuk kemana, kayanya bisa lebih permisif. Which one are you?

7:04 PM  
Anonymous Anonymous said...

Kalo 4.Trend minded ?
Musik apa yang bikin kita 10% lebih keliatan cool dan seolah-olah anak Indie movement sejati dengan gaya berpakaian, rambut yang matching jaya dan isian2 favourite music di friendster yang keren ?

2:32 PM  

Post a Comment

<< Home