Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Sunday, October 29, 2006

Being Common People is Not a Sin

Lagi seneng ngedengerin “I Want You Back”nya Pizzicato sama “Mantan Kekasih”nya Sheila on 7 nih, terus gak sengaja nemu link ini pas mau nyari mp3 stereovila yang ketinggalan semua di Indo.


Lucu ya rule number one Indie Movement di Indonesia : Gak boleh jadi major label, gak boleh ngetop, gak boleh disukai banyak orang. Ketika make kaos Upstair ke acara2 pensi adalah sesuatu yang umum maka tiba2 Upstairs jadi norak (deathrockstar.tk). Ketika Nidji jadi bintang tamu dimana2 maka Nidji adalah copy cat pasaran yang gak berhak buat dijuluki britpop rasa Indonesia. Ketika Kings of Convenience manggung di Nikko maka pada buru2 statement 'gue sih udah dari kapan tau dengerin lagu2 mereka...' . Indie memang tentang jalan hidup, lebih dari spirit tapi tentu tetap saja kita harus obyektif dan kualitatif dalam menilai suatu karya seni jangan kuantitatif (lambe lambe nek lagi stress assignment yo ngene)

Lalu apa sih beda jiplak sama influence ? Kalo jiplak itu kayak "Kya Mujhe Pyaar Hai" versi India yang nyontek jelas2 dari "Tak bisa kah"nya Peter Pan (menurut gue sih lebih enak, habis di remix dan leih ‘rame’ gitu, langsung begoy oi). Sedang kalo influence itu mungkin kayak gitaris Papa Roach (di album pertama) yang bau2 Kirk Hammet. Lagian mas mas, kalo emang mau ngedengerin yang orisinil Indonesia ya dengerin aja Degung, Sinden atau Talempong. Jangan tiba2 judge sadis ‘semua musik Indo adalah ngejiplak luar kalian aja yang pada gak tau’. Kalo dulu pernah berjuang bersama2 di Indie dan tiba2 ada satu dua jadi ngetop terus ada major label yang nawarin emang salah mereka gitu ? kalo mereka nongol tiap malem di TV emang salah mereka gitu ? kalo banyak cewek2 yang histeris emang salah mereka gitu ? Khusus buat Radja gue emang udah gak suka dari lagu pertama album pertama (shock berat pas gue tau akhirnya bisa dua platinum). Tapi somehow gue angkat topi buat perjuangan (yang sangat2 berjuang) mereka bisa nembus major dan semua platinum2 itu dan pada saat yang sama gue juga angkat kaki kalo harus ngedengerin lagu2 mereka ^_^.

Obviously penilaian terhadap musik band2 indie major tadi pasti langsung berubah jadi subyektif, gak akan pernah bisa obyektif lagi. Giring yang dikatain Chris Martin nyasar atau Bjah yang Bono wannabe, The Upstairs yang Joy Division maksa. Influence gak hanya di Indonesia aja kan, misal : saking banyaknya follower mungkin Blink 182 bisa dijadiin genre baru. Kenapa harus benci major label kalau gara2 itu kita bisa ngdengerin Ramones, Rancid, Oasis, Lightning Seeds (catet dulu jaman2 belum ada internet lho). Let say mau diblame tentu major label yang maksa2 artisnya, yang materialistis bukan artisnya itu sendiri (Nafa Urbach bukan artis kan ?). Jadi kalo ada artis indie lokal yang setelah ngetop trus dihujat2 musikalitas-nya, menurut gue sih itu semua gak lebih dari ‘harus selalu beda dan gak pasaran’ juga sirik karena tak mampu aja...


*) The Beatles itu termasuk band Indie apa band Major ? coba deh browsing gigs2 pertama mereka di Internet, musik mereka beda sendiri dari major stream saat itu. Jadi masih wake up against Major nih ? gue saranin mending wake up against Raam Punjabi deh T_T

Labels:

9 Comments:

Blogger Ni'am said...

jadi tentunya Anda teramat sangat bisa memahami penderitaan saya yang harus mendengar entah berapa ratus kali lagu Radja-Samsons-Peterpan-Ungu selama mudik..

itu si Raam bikin affair ama Ian Kasela yah? semua sinetron soundtracknya Radja mulu. sinetron yang udah ancur jadi makin morat marit

*yang masih heran dengan shoot close up terus-terusan di sinetron, dikiranya tampang cakep apa?*

12:03 AM  
Blogger om idep said...

Hmmmm...itulah Nyam teori yang aku bilang paling diatas tadi, coba kalo Samsons cuman ada di Les Voila Bandung, atau Ungu yang cuman main di Pensi2 Jakarta pasti akan beda penilaiannya.

Pernah denger The Changchuters ? atau The Brandals ? buset kenapa gak ada yang ngehujat norak karena nyontek abis2an rock n roll retro (bahkan rambut kribo gitarisnya)? The Changchuters juga sama aja, kebanyakan gaya dengan kostum, jadi bingung mau ngeband apa jadi foto model majalah distro. Itu karena mereka gak se-booming 'band2 sinetron' tadi, jadi kalo make kaos mereka akan tampak seperti anak Indie movement yang asik betul.

Jadi jujur aja deh obyektifitas udah hilang disini, lebih ke subyektifitas lebih ke 'gue dung ngedengerinnya aneh2 (peduli setan enak apa gak, semakin langka maka gue akan tampak semakin cool) gak kayak lo semua yang pasaran abis seleranya'. Makanya yang dihujat lebih ke personelnya kan ?





*Ian Kasela ? meski suaranya sangat sangat menyedihkan tapi semangatnya inspiring lho (apalagi untuk ukuran dunia permusikan Indonesia yang masih sangat jawasentris), Ian ian kita baikan ya, sugeng riyadi...*

2:21 AM  
Blogger Ni'am said...

yang paling menyedihkan dari seorang ian kasela ya kacamata item+dandanannya. duh dia ga punya stylist ato gimana seh? emang siy kalo lagi denger lagu, mau dia nyanyi pake baju Armani juga ga ngaruh. tapi mbok yao....

kalow soal etnis/pulau-sentris, well I prefer Edo Kondologit ^_^

7:44 PM  
Anonymous Anonymous said...

Awalnya sih aku juga gitu nyam tapi setelah dipikir2 kok sok kegantengan banget gue nyela orang by his look. Liat aja Joey Ramones, gak beda jauh sama gitaris Rudista (sebuah band metal dangdut)

Somehow, kalo dari segi fisik bagi gue Ian Kasela dan Irwansyah sama aja, malah ian Kasela setingkat diatas Irwansayah. Et lis dia gak pernah sok2 main instrumen di videoklipnya (jijik banget).

Tapi setuju Ian Kasela emang menyedihkan karena lagu2nya, gak lebih, bukan karena kacamata hitamnya atau penampilannya, toh dia seorang musisi bukan Atalarik (?!), enjot his music not his appearance...(still trying)

3:52 AM  
Anonymous Anonymous said...

generally speaking, setuju dgn artikel kmu.

mgkn ada penjelasan gampang: everybody wants to stand out in the crowds. and being in the indie music community or listening to some unknown bands is one way to do that.

2:32 AM  
Anonymous Anonymous said...

Wekekekekekeke, btw bikin kaos dengan kata2 lo barusan keren kali ya ?

9:33 AM  
Anonymous Anonymous said...

ok honestly, scene indie di indo ky gmn sih?
kl misalnya nih, org2 di indie community menghargai sebuah band hanya dr kontrak yg didapat (major/indie), lah mereka poser dong? well, indie sih indie, tapi kl kualitasnya msh jauh di bawah major?

3:47 PM  
Blogger om idep said...

Hmmmm...gimana ya ? pengetahuan saya yang sempit ini juga gak terlalu begitu paham. Cuman ada beberapa band yang tiba2 di-cuih-in begitu terkenal di kalangan abg2 SMA, sering manggung di TV, bintan g pensi dimana2 dsb. Tapi gak semua kok, ada juga yang konsisten, somehow menurut saya keliatan jelas kok mereka2 yg bisa enjoy dan mereka2 yang out of the crowd wanna be....

6:05 AM  
Blogger raina amadea. said...

hmm..perihal ian kasela sii sbenernya memang banyak yang mengkategorikan sebagai artis yang masyaauloh-gak-banget gayanya..tapi coba kita melihat morrissey yang banyak digandrungi indie-pop-ers..apakah kalo mereka meniru gaya morrissey skarang ini bakal dibilang normal dengan stelan yang ga beda jauh ma saiful jamil??

but..indie is just about attitude..
bangga sama musik indie yang ga common tp jangan salahin musik major jugalaa..syapa yg ga mo kaya..

6:34 PM  

Post a Comment

<< Home