Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Monday, September 25, 2006

Puasa Di Negeri Dimana Banyak Susu

Udah puasa hari kelima di Manchester (Insya4JJ) biasa aja, gak seberat* seperti yang orang2 takut2in ke gue. Okay, bisa jadi memang lebih lama sih, kami baru buka jam 7 lewatan tapi karena gak terik jadi gak kerasa capek banget. Okay, memang kebanyakan orang2 pada cuek, makan dan minum dimana2, maklum sekarang jadi minoritas, boro2 mau dihormati bahkan Lebaran nanti kita tetep kuliah seperti biasa, gak ada libur2an (ilang deh chance makan2 khas Indonesia di KBRI London). Kadang gue pikir Indonesia itu negara dengan toleransi paling hebat seplanet bumi, agama seminoritas apapun pasti dapet libur nasional, apalagi bebas bikin rumah ibadah dimana aja (entah kenapa kok 'rumput tetangga akan selalu lebih hijau' padahal kalau mau fair Indonesia – Negara muslim terbesar di dunia - jauh2 lebih tolerant).

Gue pernah buka di Islamic Centre deket Upper Brook St, mesjidnya bekas gereja gothic mungkil gitu. Kalau mau lihat indahnya Islam lo justru harus lihat di negara dimana Islam adalah minoritas. Mereka (kami) benar2 nganggep semua muslim adalah sodara (ini bukan kalimat basa2i ala pelajaran Pancasila). Gue udah buktiin sendiri pas buka kemarin itu. Sebenernya sih alesan gue buka di mesjid biar dapet nasi (Ha ! mau di Jakarta kek, Manchester kek tetep aja tips hemat gue harus selalu dijalankan) meskipun untuk ke tempat itu gue harus naik bis 40 menitan (niat abis !). Setiap kali ada yang baru masuk mesjid pasti selalu ada yang selalu nge-Assalamualaikum-in, terus selalu ber-brother2 and sister2. Semuanya kebanyakan dari Arab dan Pakistan gitu, gak ada yang melayu (student lebih suka sholat di Sacksville Building bukan di Upper Brook St). Beberapa saat sebelum adzan mereka ngegelar kertas lebar dan panjang banget, gue bingung buat apaan. ternyata itu buat lemek kurma2, apel, pisang dan bakwan jagung yang disebar begitu aja (huhuhu kesan pertama sih jorok, abis gak pake tempat2 yang valid gitu kek, bener2 disebar). Dan setiap ada yang ngambil pisang atau bakwan jagung (kebetulan jumlahnya sedikit gak sebanyak kurma dan apel) pasti dipotek trus dibagi ke sebelah atau depannya. Buset, ada juga kalo di Indo rebutan ngambil takjil.

Sehabis itu kita sholat maghrib, ini hebatnya Islam : lo mau sholat dimana aja, bacaan dan gerakannya akan selalu sama (kecuali untuk beberapa aliran tertentu yang biasanya suka dikatain 'sesat'). Kaligrafi Allah dan Muhammad SAW akan selalu sama, dikanan dan di kiri. Jumlah rakaat sudah pasti sama, dengan waktu sholat yang sama (secara astronomi), hiasan kaligrafi juga sama. Cuman menurut gue ya mesjidnya agak bau dan kotor, gak tau kenapa (gue suudzon emang muslim Indonesia yang paling bersih). Habis sholat maghrib akhirnya alesan utama gue buka di mesjid pun tiba : SEGO ! Lagi2 gue bengong, karena selama kita makan itu (menunya nasi + kari) ada seseorang yang gak makan, dia selalu stand by kalau2 ada yang mau nambah dia bakal buru2 nyampering dan ngejog. MasyaAllah, baik banget ni orang, sudah pasti dia puasa juga tapi dia mau menunda makannya buat ngelayanin orang2 yang pada napsu makan (terutama gue, gue salah satu orang yang nambah). Gue nanya temen gue dijelasin emang ada yang jadi kayak gitu, sial gue lupa lagi istilahnya pas nulis blog ini. Dia memang ‘bertugas’ ngelayanin musafir2 dan orang yang sedang buka di mesjid, dan gue yakin dari penampilannya itu anak pasti mahasiswa juga (Gile, baik banget tu anak, gue udah mati lemes kali keroncongan sementara dia masih harus bawa seember kari mondar2 ngelayanin kayak di bistro).

Trus sambil makan gue perhatiin ada beberapa yang orang bule asli juga, jadi inget kepala jurusan gue yang orang Australia dan muslimah. Merinding gue ngeliat mereka2 itu, mereka itu yang justru bisa dibilang Islam asli, bukan warisan kayak gue dan kebanyakan umat muslim di Indonesia. Yang jelas pasti mereka udah baca banyak tentang Islam, belajar banyak tentang Islam, udah buktiin sendiri segala macem naqli aqli. Gak kayak gue yang dari kecil udah didoktrin abis kalau Islam adalah jalan kebeneran tapi gak pernah (until now) ngebuktiin, paling mentok ngaji (kalo lagi butuh) tanpa tau sedikitpun artinya.

Marhaban Ya Ramadhan...



*) Godaan bau2an fish n chips, puff dsb nya gak seberat godaan susu susu yang bertebaran dimana-mana ^_^.

Labels:

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

banyak susu sapi atau susu yang lain??

4:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

Susu orang lah, jelas ! susu sapi baru batal kalo diminum, kalo hanya dilihat gak akan mengurangi puasa lo. Tapi kalo susu orang ? dilihat aja mengurangi puasa, apalagi kalo lo minum...T_T

6:16 AM  
Blogger nYam said...

ko ga skalian aja kamu bantu bawa kari ke...dorm :D

1:33 AM  
Anonymous Anonymous said...

Sempet nanya kok nyam, kalo saya bantu saya dapet jatah buat dibawa pulang gak ?

Hebatnya imamnya langsung nebak : "Are you Indonesian ? dough, you must be..."

Huehuehue, dan saya sukses mencoreng nama buruk Indonesia malam itu....

1:57 AM  
Blogger mel@ said...

Kalo sahur... bela-belain juga ga ke sana biar dapet gratisan :D... wah murah juga ya biaya hidup di sana...:D *kaburr*

4:31 AM  

Post a Comment

<< Home