Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Thursday, September 21, 2006

Cina Yang Baik

Tadi jam 5 sore sehabis Induction seharian ada welcome dining di MBS West, huaaaaa ! seperti udah gak makan satu bulan kesempatan itu gak gue sia2kan : Hajar bleh. Seriously, sampe pegel mulut gue ngunyah gak brenti2, pindah dari meja ke meja dan sok akrab sama orang2, biar gak terlalu ketok banget makan adalah main purpose gue kesitu ^_^ (i chated with a pakistani gurl and she was so nice concern about my accomodation).

Gue bukan mau cerita makanan apa aja yang gue hajar sore itu, mulai dari yang halal, yang porky2, even wine. Sing penting moto gue setiap makan2 gratisan gitu cuman satu : Bismillahirahmanirahim...i just try to stay alive okay. Nah gue mau ke cerita utama, abis makan gue mampir ke Grosvenoor Hall, Hall yang paling gue incer karena sebelah2an sama kampus (gak seperti Hardy Farm yang Manchester coret). Jadi anak2 Indo disana mau ngumpul2 jam 7an, meski pn gue bukan anak Hall GP (they name it GP for Grosvenoor Palace), seperti biasa katanya ada nasi malam itu (hah ! gak jauh2 dari gratisan, mau kenal kek gak kek, smackdown !).

Ternyata ada anak Indo yang dianterin orang tuanya, kebetulan anak Indo itu Tionghoa (terserah mau nyebut apa, cina boleh, chinesse boleh). Jadilah malam itu orang tuanya masak buat kita. Wadaw, gue udah kenyang benernya (pembantaian habis2an di kampus sore tadi) tapi ada nasi dan chinesse food yang kalo disini lumayan mahal, kapan lagi ? Ummmm benernya bukan itu yang bikin gue amaze, bukan masakan ibunya temen gue itu (masakan dia sih so-so, kemanisan malah). Tapi mereka itu ramahnya masyaAllah, tulus dan sangat baik sekali. Bakul nasi dan piring lauk kita 'dijog' gak brenti2, disuruh nambah trus. Lalu pas gue nyari sendok (capek bo makan pake sumpit gak biasa) ternyata sendok bersih-nya udah habis dan ibunya enteng nyuciin gitu aja lo. Serius N-Y-U-C-I-I-N sendok itu buat seorang stranger yang baru dikenalin beberapa menit yang lalu. Maksud gue gini : mereka pasti tajirnya seanjing-anjing, dua anak mereka udah dari SMA di Singapore, kakaknya kuliah di Melbourne dan adiknya di Manchester dan dia cuek aja begitu ramahnya 'ngelayanin' kita (mereka sama sekali gak makan bahkan duduk, mondar-mandir sibuk 'ngelayanin'). Kita becanda2 banyak hal as if we're all relatives, bener2 kayak udah kenal lama (om dan tante itu ramah sekali, gak abis2nya mereka mancing bahan pembicaraan).

Belum, gue belum selesei amaze-nya, selama chit chat mereka itu ngakunya orang Semarang dan Tegal, dan Indonesia sekali (gak tau kenapa gue selalu seneng kalo ada orang cina ditanyain orang mana dan akan bilang : Padang, Medan, Smarang, Surabaya dengan logat khas yang gak kalah kentalnya). Trus pas kita lagi makan itu ada orang Malaysia masuk, entah kenapa akhirnya kita malah ngomongin gitu, si tante (mama temen gue itu) bilang : masih bagusan orang Indonesia lho daripada Malaysia kalo ngomong jelas dan gak belibet (gak pentng banget ya bangganya). Bahkan anak malaysia tadi kaget kita pada ngomong bahasia Indonesia, "in my country most of chinesse speak in Cantonesse not malay". Dengan belagu, Gue langsung promosi "that's the beautifull of our country, having ton of languages we're all speaking bahasa fluently. Quite often chinesse is 'more Indonesia' than the indonesian itself (propaganda banget, tapi akhirnya gue bisa pamer satu hal ke orang Malaysia).

Om Tante (gue lupa nama mereka) makasih ya, bukan buat makan malam gratis yang hebat itu tapi lebih ke buat tulus* dan bangga jadi orang Indonesia...

*) Sial benernya gue males make istilah tulus habis gak tau kenapa sekarang gue agak gimana gitu tiap ngomong ata ngedenger kata2 'Tulus', Radja benar2 udah merusak makna kata itu...

Labels:

6 Comments:

Blogger : dhia : said...

Cina di Glodok atau mangga 2 kok masih pake bahasa cina yak... :)

8:30 PM  
Blogger om idep said...

Hmmmmm, emang sih tapi itu di Jakarta kalo dai daerah cina sama lokal sama aja medoknya, sama aja kameknya, pokoknya om dan tante yang kemaren itu kalo gue baloh rasis 'njawani' banget...

12:41 AM  
Anonymous Anonymous said...

gw jg bangga bgt bilang gw tuh dr indo....(eh kaga ada yg nanya ya? biarin deh)
sedih bgt kalo ada yg ngomong cina lo , cina lo...
anjrit, pengen tampol aja rasanya

sorry numpang marah2, gigi gw lagi sakit dep

8:12 AM  
Blogger om idep said...

Hahahahaha, benernya gue SALAH BESAR dengan bikin judul "Cina yang baik", gak ada yang aneh kan dengan Cina yang baik ? sama anehnya kalo nulis Jawa yang baik, Padang yang baik, Ambon yang baik ?

Habis gue juga emosi nulis ini, gue satu-satunya di keluarga besar yang ngotot kalo cina itu sama baiknya dan sama kampretnya dengan Minang, Jawa, Ambon, Makassar, Sunda etc. Podo wae. Dan gue satu-satunya di keluarga besar yang punya banyak teman cina, even some of them were close friend of mine, some of them the best people i ever known. And i am proud of it...:-)

8:44 AM  
Anonymous Anonymous said...

iya, judul lo bikin pnasaran soalnya.
btl skali dep, gw jg di keluarga yg suka bilang sebaliknya....
eniwey, lo di UK ya? akhir taun gw smpt main, tau gitu gw minta bocoran tempat makan murah+enak..hihihi
melarat skali gw kmrn,museum2 itu menghabiskan uangku...ga ding, emang duit gw ngepas bgt aja, liburan yg ngere abis2an ^^

3:07 AM  
Blogger om idep said...

Used to be, jakarta already, heuheuhue...

Wah mel, salah besar lo kalo mau wisata kuliner ke UK, yang ada lo cuman bakal nemuin masakan india, cina, jepang, thai even malay. Orang UK cuman punya garem sama merica buat bumbu, sucks bangetlah.

Tumben pas winter kesananya ? kenapa gak summer ? sale-nya gila-gilaan, ummmm...maksud gue lo cewek kan ? ^_-

5:41 PM  

Post a Comment

<< Home