Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Monday, May 15, 2006

Nebeng Tidak Selalu Buruk

Kalo ngantor ransel gw kayak orang mau terjun payung, guedhe dab ! Benernya sih itu ransel buat laptop tapi karena gw udah gak pernah bawa laptop lagi jadi ya kadang2 suka gw isiin macem2, mulai dari pisang, decker dengkul, tensokrep, sepatu basket, sepatu kantor, sendal jepit, sabun, sikat gigi, cologne, anduk sampe helm. Lho helm ?! iya helm ! ini salah satu tips hemat mutakhir gw, secara gw punya ransel gede gw selalu bawa helm kemana2 jadi kalo mau nebeng temen gw yang bawa motor dia gak bakal bisa nolak dengan alesan klise gak bawa helm dua. "hoi gw nebeng balik ya, okay !" biasanya ada polite rejection "Wah dep gw cuman bawa helm satu nih, sori ya ntar bisa ditilang lagi" tapi kasihan dia karena gw yang selalu bawa helm kemana2 maka kondisinya akan jadi "Oh gw bawa helm kok ! jadi gw bisa nebeng kan ?". Dijamin temen lo agak sedikit gonduk karena gak ada alesan lagi buat nolak ditebengin T_T.

Eh tapi jangan sekali2 pernah menganggap rendah orang yang suka nebeng lho, belum tau situ. Nebeng itu punya filosofi yang cukup dalam, bukan hanya teknis tapi visi dan misi nebeng itu sendiri. Katakan ada temen lo yang searah, dia sendirian nyetir. Sehari dia consume berapa liter bensin sih hanya untuk dia sendiri ? di masa harga minyak bumi sedang tinggi seperti sekarang ini, apa gak bijaksana kalo setiap liter bensin bisa terutilisasi secara maksimal, biasa diconsume satu orang jadi bisa diconsume 4 orang (misal si empu mobil tadi ditebengin 3 orang). Gw percaya orang2 yang suka nebeng kebanyakan alasan utamanya karena peduli sama campaign Hemat Energi PLN dan Pertamina (mungkin gak semua tapi gw sih gitu ^_^). Yang kedua kebayang kalo setiap manusia Jakarta pada bawa mobil sendiri2, bukan hanya buang2 stock minyak bumi tapi juga menuh2in jalan yang ujung2nya macet. Biasa butuh luas jalan 24 m2 (taruhlah rata2 luas mobil 6 m2) untuk 4 orang, nah kalo pada nebeng bisa tereduksi cukup jadi 8 m2 saja (misal si empu mobil ditebengin 3 orang), bayangin Jakarta bakal senyaman dan selengang apa kalo saja jumlah mobil pas bussy hours di kurangin sampe 75%. Selain itu ada keakraban yang terjalin kalo lo selalu pulang bareng2 dengan banyak orang, bisa ngomongin banyak hal, curhat macem2, gosip2, diskusi2 politik, technical problem dsb. Belum lagi misalnya lo lagi bete, bisa nyanyi Samson bareng2, main pijit2an, lomba misuhin mertromini, ngomongin bos, tukeran info bokep, banyak deh. Pokoknya dengan banyaknya orang dalam satu mobil tu bisa bikin perjalanan jadi seru dan gak garing cengok sendiri lagi.

Itu baru beberapa benefit sederhana yang eksplisit, belum lagi efek2 domino lainnya, kayak dapet jodoh (witing tresno jalaran soko kulino), pendapatan tambahan (kalo si empu mobil raja tega narik saweran) dsb. Tapi nebeng tu juga ada etiketnya lho. Seperti : Jangan pernah makan dan minum di mobil tebengan lo, jangan pernah sesuka hati ganti lagu yang lagi dia setel, jangan kritik fasilitas dan kondisi mobil tebengan lo dan yang paling penting jangan pernah tidur pas lo lagi nebeng, itu sangat2 tidak sopan karena lo gak sedang naik taxi don't u ?


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home