Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Thursday, April 27, 2006

The Gorgeousless Traveller (Cemonthong : Lapek Sagan)

Suka pisang ? atau termasuk penggemar pisang ? kalo iya lo harus nyoba yang namanya lapek sagan. Selain kentang gw penggemar pisang, dalam bentuk apa pun : pisang bakar, pisang keju, pisang goreng, kolak pisang, pisang ijo, banana split, sale pisang, getuk pisang, jus pisang ato pisang doang. OK, Banana cake tu bisa jadi 'bentuk' pisang favorite gw dan emang enak banget tapi sepertinya lapek sagan jauh jauh lebih enak banget. Lapek sagan tu, sama kayak kebanyakan lapek lain, juga dibungkus daun pisang (setuju gak setiap makanan yang dibungkus daun pisang tiba2 bisa jadi tambah enak misal : nasi rames, pepes-pepesan) yang dibuat dari puluik (minang : ketan) dicampur pisang sama sedikit kelapa parut. Eh itu menurut gw sih secara gw gak pernah bikin lapek sagan, abis dia tu ketan tapi berasa pisang ato pisang tapi berbentuk ketan.

Lapek sagan yang enak menurut gw yang warnanya gak putih, tapi gelap kekuning-kuningan gitu karena pisangnya udah melt in sama ketannya, eh enggak ding bukan karena pisang yang melt in tapi karena emang pake ketan item. Benernya boleh sih pake ketan putih tapi mungkin jadi kurang menggugah selera kali ya, lagi pula warna kuning dengan bilur-bilur ungu dan serabut kelapa bikin tampilan lapek sagan jadi eksotis dan sedikit merangsang gak sih ? Lapek sagan rasanya manis banget dengan tekstur kasar gara-gara ketan dan parutan kelapa yang nongol disana sini (ini khasnya dan sangat berkebalikan dengan lapek pisang yang mulus). Lo bisa bayangin aja bagaimana manisnya kalau ketan dicampur pisang, tapi sama sekali gak akan bikin enek lho karena manisnya alami. Makan lapek sagan tu cocoknya ditemenin sama kopi tubruk kental, gak jauh beda kayak lo minum expresso sama strawberry cheese cake, extra manis dihajar sama extra pahit, wuih sedap !

Sayangnya nyari lapek sagan agak-agak susah di sini (bagi gw), gak kayak lapek pisang atau lapek bugih yang gampang ditemuin. Karena itulah alesan lapek-lapekan tu makanan endemik di Padang gak akan bisa jadi excuse langkanya lapek sagan di Jakarta. Kalo kata oma gw sih konon nama lapek sagan tu dari kata sagan (minang : segan), karena lapek sagan tu murah dibuatnya, proposi ketannya cuman dikit dan banyakan pisangnya. Maklum dulu di kampung kata oma gw (lagi) ketan tu mahal dan mewah sedangkan pisang sangat-sangatlah murah. Jadi orang kere indak bapitih mentok-mentoknya kalo bikin suguhan buat penganan ya lapek murah meriah itu, lapek sagan.

Ni gw kasih bocoran kalo lo pengen banget makan lapek sagan, karena ada tempat yang gw tau selalu tersedia stock lapek sagan. Tempatnya sih dimana lagi kalo bukan sentra orang Minang berdagang, Tanah Abang. Even di tanah abang pun masih lumayan susah lho nyari lapek sagan, soalnya yang jualan gak banyak, ibu-ibu yang mobile muter-muter gak jelas, pokoknya gak stayed. Susahnya lagi mereka hanya keluar sekitar jam 3-an ato saat-saat udah mau tutup toko (gw gak ngerti kenapa mereka tu gak nyadar-nyadar kalo sedang jualan 'penganan based on pisang' super enak di Jakarta).


Labels:

4 Comments:

Blogger : dhia : said...

Lapek sagan..Lapek sagan... Balilah Da..Iko limited edition, dari pisang nan diimpor dari Piaman. Bali limo gratis daunnyo... ;))

Eeehh..aku malah baru tau, sejarah nama lapek sagan... Gitu toohhh

6:58 PM  
Anonymous Anonymous said...

Ta kiro sagan lor'e galeria jogja..

7:14 PM  
Blogger om idep said...

Oalah mas Nugi..kalo Sagan Jogja tu terkenal sego Magelangan, enak juga tuh. Sebelah Galeria persis, minta yang pake brutu kalo suka soale nek aku nggilane mangan brutu, hoek ! :(

7:50 PM  
Anonymous Anonymous said...

Ndehh jadi pengen Da..

2:54 AM  

Post a Comment

<< Home