Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Sunday, April 30, 2006

Nasionalis

Atas nama Nasionalisme sekarang lagi heboh2nya nolak Freeport, Exxon dan Transkorporasi lainnya. Ngebego2in SBY JK, analisa ini analisa itu, juga demo2 anarkis. Emangnya ngedepak Freeport tu bakal semudah kayak ngedepak tukang bakso dari kompleks rumah ?! OK bisa jadi suara sumbang sinis yang ngegosip kalau mereka2 itu dah 'dibeli' ada benarnya tapi kok gw gak begitu yakin ya.

Sebenarnya nasionalisme itu apa sih ? nolak segala sesuatu yang berbau asing ? berikat kepala demo gagah2an make Toa lantang berorasi ? Hafal lagu Indonesia Raya ? ato nulis blog bego sok2an ngajarin definisi Nasionalisme ? Basically, bagi gw nasionalisme tu sederhana. It is kind of following the rules manners, all rules made by the government. Mulai dari berlalu lintas, buang sampah, tertib ngantri busway dan hal-hal remeh-temeh lainnya. Karena dengan mematuhi tata tertib means u already have respected your government and trust with your own country.

Rules itu bisa luas lho, mulai dari tata tertib formal sampe dengan informal. Contoh sederhana coba aja lo liat jalanan makin lama justru makin gak ada yang matuhin rambu2, Behave Bajaj dan Alphard keluaran terakhir sama aja semua. Sampah juga gitu, sedikit yang peduli, maunya aja Jakarta tiba2 berubah setertib dan sebersih KL ato Singapore gitu (orang bodoh macam apa yang mikir itu bener bisa kejadian). Nasional dari kata nation : bangsa, IQ gw nangkepnya adalah sekelompok orang yang setuju untuk diikat oleh suatu rules yang disepakati (makanya di isian form2 dibedaian antara nationality dan race). Ketika pada sekelompok orang itu udah gak ada lagi yang mengikuti aturan yang mengikat mereka maka anggep aja bangsa itu udah gak ada. Toh gak ada bedanya dengan jaman homo erectus dulu ketika semua orang hidup bebas bermasayarakat tanpa aturan (even benernya mereka masih punya kelompok2 yang sedikit beraturan kok).

OK gw tau banyak yang akan gak setuju kalo Nasionalisme tu gw definisikan sesederhana dan sebodoh itu aja. Tapi percaya deh semua sikap Nasionalisme lo yang gagah berani itu bakalan luntur dan basi kalo lo gak mau ngikutin tata tertib. When u are not respect ur own country then howcome you judge yourself as a nationalist ? Gampangnya gini aja : lo berkoar2 gantung koruptor, PLN gak bener, Pertamina bangsat, Patas Mayasari itu binatang dan Metromini adalah adiknya, Hukum harus ditegakkan ! Dan pada saat yang sama di setiap pulang kantor lo enteng aja nginjek marka, sodok sana sodok sini (unacceptable dengan excuse apa pun !) ato malah jalan di jalur busway yang kebetulan sepi, lalu ditutup dengan buang tissue bekas ingus lo ke jalan (?!). Jadi kalo suatu waktu lo liat demo2 apapun lalu para peserta atau korlapnya buang botol aqua gitu aja, bikin sampah, silahkan meludah, CUIH !



*) The Picture ripped from sekolah indonesia, Prof. Yohanes Surya PhD tapi kita tidak sedang membicarakan nasionalisme dahsyat selevel beliau.


Labels:

2 Comments:

Blogger chie said...

cool...penyampaiannya simpel tapi maknanya dalem *kok bisa sih, kok aku gk bisa sih halah*. ternyata nasionalisme emang sesederhana itu ya, taati aturan pemerintah,,, gitu ajah,,,
Negara tertib karena aturan.

Tapi dulu zaman Soe*rt* gitu gk seh,,, sebelum adanya reformasi sono sini? tp ternyata hak rakyat malah dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi. Ntuh gimana dong?
Sepertinya yang harus dipulihkan adalah kepercayaan rakyat terhadap pemerintahnya...

6:57 AM  
Blogger the i.d.E.p said...

iya sih chie, cuman gw sering notice banyak orang bersibuk2 dengan hal2 yang besar. Kayak a'a gym dung mulai lah dari yang kecil, bayangin cukup 30% orang Indonesia aja bisa tertib kayak di negara maju kayaknya itu udah bisa jadi trigger buat yang lain2nya. Gw yakin lo juga notice banyak orang yang kayak gitu : they think something big to start and act, even ur own close person..:'(

5:56 PM  

Post a Comment

<< Home