Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Friday, April 07, 2006

Hikmah Puasa (Halah Cangkemku !)

Penceng ! Gw lagi ada masalah dengan anggaran cost living ni, gara2 inflasi ngehek bikin semuanya jadi diluar kebiasaan deh. Out of budget yang jelas berasa banget tu adalah transport, jadi dua kali lipat dul ! Lagian transport tu gak bisa diakalin. Maksud gw kalo cost lunch melonjak masih bisa di trik-in lah, kalo biasanya pake ayam ganti aja jadi ikan, kalo masih bengkak ganti aja jadi telor kalo masih belum kempes juga ganti aja dengan tahu tempe (tips ben ra patek ngisin2i bilang aja "ehm gw lagi males daging2an nih, gak sehat kayaknya nyoba vegetarian ah sekali2", jadi gak terlalu mencolok lo lagi pengiritan). Ato bisa juga lo ganti dengan ketoprak minumnya air putih. Lah tapi kalo transport mana bisa ?! emang mau ajojing lo ke kantor ? ra mungkin no ! lha wong bike to work aja paling cuman tiap jumat kuat ngejalaninnya.

Tapi kalo ternyata tahu
tempe ato ketoprak pun masih belum reduce your cost juga yo wes poso wae dab ! Ada dua pilihan, Puasa senin kamis kalo kondisi anggaran lo gak terlalu memprihatinkan, tapi kalo udah sangat2 memprihatinkan lo boleh coba puasa daud : sehari iya sehari enggak selang seling gitu pokoknya. Sebenarnya solusi puasa ini yang paling elegan, selain bisa significant buat saving cost lo dan juga image-mu iso dadi ketok alim (tring tring tring). Kebayang aja pas jam lunch pas lo diajak makan bareng : "Sori gw gak bisa ikut nih, insya 4JJ puasa", dijamin temen2 lo bakal dhueng mak gubrak ! Jauh lebih baik kan dari pada lo makan sama tempe tahu doang trus kegep sama temen2 lo, dijamin lo bakal 'abis' saat itu juga "Mas mas kerja dimana sih ? jangan kayak orang susah gitu deh !" ato yang paling menohok "Gunungkidul banget sih lo, pake tahu tempe doang ?!" (ini adalah suatu pengalaman seorang korban yang pernah digituin :'| ).

Tapi pernah ada yang ngasih tau ke gue kalo niat puasa gak boleh gitu, gak boleh buat penghematan. Lha emang iya, mana bisa lo niat puasa kayak gitu, lagian bahasa arabnya inflasi apa gw juga gak tau, toh semua niat puasa dasarnya mah cuman ada dua : sengaja aku berpuasa sunah atau wajib karena engkau ya 4JJ,
wis mungkui tok to ? Tapi kalo yang trigger niat itu karena kondisi yang kepepet kenapa gak. Dulu pas SD gw pernah baca buku kisah2 Jalan Lain ke Surga (kalo gak salah). Selain kisah pelacur masuk surga gara2 ngasih minum buat anjing, yang paling gw inget tentang indahnya fleksibilitas islam adalah ketika pernah Rasulullah nanya ke istrinya ada apa untuk makan pagi dan ternyata jawabannya gak ada trus Rasulullah langsung berniat puasa. Jadi apa bedanya sama pas gw mau ke kantor liat dompet ternyata sedang tipis dan atm entek trus berniat puasa juga, iya to ? But believe me, hati2 loh buat yang mau niat mulai puasa senin kamis pertama kali karena biasanya di awal2 selalu ada godaan2 berat seperti ada yang traktiran makan, ada kiriman cake, ada amanda gratis dan semacam itu lah. Setelah berbuih2 sebearnya kesimpulan sampah ini adalah kalo mau coba pengiritan sekarang ini gak perlu through nasi uduk, tahu tempe ato ketoprak lagi, mending puasa aja dul selain lebih efektif itu juga ada pros-nya, apalagi kalo cem2an lo tau ^_^.

Labels:

6 Comments:

Anonymous rinal said...

ooo, jadi kemarin kamis lo puasa gara2 pengiritan, gunung kidul banget sich lo :D :D

2:14 AM  
Blogger Oki Purwana said...

Halahhhh ini anak satuuuu :))

2:25 AM  
Blogger ~dhia~ said...

wakakakak.... jadi gitu yah... *ngeloyor pergi sambil lurusin niat puasa sunat berikutnya*

3:05 AM  
Anonymous Anonymous said...

ckckckckc.... duitmu kie dinggo opo to def? bisa-bisanya kere gitu? makane... golek bojo kie eling ragad!!!

9:09 PM  
Anonymous masdaru said...

ckckckckc.... duitmu kie dinggo opo to def? bisa-bisanya kere gitu? makane... golek bojo kie eling ragad!!!

9:10 PM  
Anonymous Parto said...

...keecciiiiiaaaaannn deh lo ! :D :D

5:30 PM  

Post a Comment

<< Home