Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Wednesday, November 23, 2005

Nyok Kite Jage Rame Rame Jakarta Timur

"Nyok kite jage rame rame Jakarta Timur" lalu "Buanglah Sampah Pada Tempatnya" lalu "Orang Bijak Taat Pajak" lalu "Tertib Lalu Lintas Cermin Budaya Bangsa" lalu masih banyak lagi ! Sering liat poster iklan layan masyarakat di jalan2 kan ? itu loh yang segede2 gaban, banyak banget ! Kita punya kampanye anti korupsi, kampanye anti narkoba, kampanye anti drug (sama aja ya ?) ato belasan kampanye lainnya di negeri ini, yang kadang diembel2i dengan gerakan nasional-lah, dewan pembina pejabat ato pengusaha-lah, acara pencanangannya yang dihadiri artis2-lah dan berbagai konsep heboh 'angek2 cirik ayam' lainnya.

Tapi kadang gw pesimis sebenarnya dengan masang poster2 iklan layanan masyarakat kayak gitu efektif gak sih ? emang bisa bikin tukang makau gak jadi makau pas liat poster itu ? atau koruptor langsung berpikir "ah iya korupsi itu ternyata dosa loh, gak jadi ah" atau bikin kita jadi semangat bayar Pajak ato bikin pengendara motor jalanin motor-nya di jalur lambat ? Contohnya liat aja sekarang udah berapa poster tertib lalu lintas di pasang dan ada berapa sih orang yang ngikutin ? Iya sih emang mereka tu gak useless2 amat kok, toh campaign itu emang butuh simbolisasi, poster2 itu salah satunya tapi kalo cuman dipasang trus gak ada rule ato act yang support itu semua baru bisa dibilang poster2 itu totally useless.

Coba aja liat -biasanya di perempatan jalan banyak tu poster- trus rasain deh abis baca kalimat2 bijaksana disana, sumpah datar aja gitu, lewat gak berasa apa2. Apalagi poster yang gak ada gambarnya cuman kata2 bullscrap doang, udah males ,mendingan ngeliat poster iklan Panasonic Dian Sastro yang mamerin ketek kayak di Bandara Sukarno Hatta (sumpah sampai sekarang setiap lewat situ gw selalu ngeliatin dalem2 keteknya Dian Sastro, abis tu poster iklan Panasonic guedhe banget rek, karena gedhenya ketek Dian Sastro ukurannya bisa segede TV 21 Inch, halah ternyata ketek dimana-mana tu sama podho wae, cuman ketek Dian Sastro lumayan terawat sih gak kayak ketek2 artis jaman2 Suzzana ato Warkop yang dibiarin tumbuh lebat, lho iki piye to kok malah ngebahas kelek-e Dian sastro ?!).

Kampanye2 yang efektif tu mungkin (mungkin lho, lagi2 ini hanya mungkin2 gw yang lain) seharusnya lebih ke 'fisik' thing kali ya ? ya bisa hukuman bisa juga langkah nyata bukan hanya dengan poster2 bego useless kayak gitu. Jadi kalo mau ngadain gerakan anti narkoba ya mbok hukumannya di perberat, razia-nya di perketat, kalo kampanye tertib lalu lintas ya mbok yang ngelanggar disuruh push up atau di jemur 15 menit di bunderan HI ben do kapok pok. Kayak kita pas kecil dulu, mana ada poster "Ayo sholat lima waktu" atau "Belajar yang Rajin Biar Tajir" di rumah ? ada juga gw di-ikat pinggang kalo gak sholat trus ditekek kalo gak belajar sama mami. Contohnya di luar deh, kayak Green Peace ato WWF, mereka punya poster2 keren tapi juga lebih fokus ke kerja2 nyata beneran. Green Peace termasuk yang paling sinting malah berani nyegat2 kapal tanker modal boat doang. Apalagi khusus di Indonesia yang orangnya masih badung2 (including me off course, jam kantor malah blogging scrapping), poster2 bego useless kayak gitu cuman jadi penghias kota doang, gak lebih !

*) Btw cewek yang main Alexandria sopo seh ? sumpah lucu bet...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home