Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Thursday, October 27, 2005

Taxi dan Taraweh

"Tumben taraweh ?! hayo mau berburu Lailatul Qodr ya !", sial ! risih banget gak sih dibilangin gitu ? kesannya perhitungan banget sama 4JJ, padahal seribu Lailatul Qodr pun belum tentu bisa ngimpasin dosa2 gw dalam satu hari sekalipun. Tapi emang sih tumben cuz gw baru taraweh di mesjid setelah puasa kurang semingguan lagi tapi sumpah bukan karena matre pengen dapetin Lailatul Qodr cuman karena kebiasaan aja. Kebiasaan dari Bandung pas kuliah dulu, mesjid deket kos kalo pas puasa lagi hive2-nya pasti penuh terus sama anak2 yang berisik-nya minta ampun jadi bikin gak jelas, kalo ke mesjid kampus jauh males juga. Tapi kalo udah mulai bau2 Lebaran baru deh mesjid gak crowded lagi. Iya tau ! sebenarnya ini pembenaran buat gw aja yang emang dasarnya males dan kekenyangan setiap abis buka jadi beralasan mesjid selalu crowded.

Tapi malam itu, pas taraweh di sebelah gw supir taxi Blue Bird - ketauan dari seragamnya - , aduh malu banget ! Tau kan kalo supir taxi tu shift2an jadi mereka tu nariknya dikejar waktu buat dapetin setoran sebelum shift-nya abis (gw sering ngobrol2 sama supir taxi kalo pulang basket malem2*). Kalo gw jadi tu supir mungkin bakal ada pembenaran, "Ya 4JJ saya cari rezeki buat anak istri, beberapa jam lagi jatah shift taxi saya abis jadi kayaknya saya gak bisa taraweh di mesjid deh, apalagi di mesjid Istiqomah ini imamnya selalu panjang2 ayatnya ntar kebuang jam saya buat narik ntar berkurang deh setoran saya ntar kasian deh keluarga saya, jadi saya taraweh sendiri di rumah aja ya ? kan cari nafkah tu juga ibadah, jadi gak apa2 ya 4JJ ?". Tapi toh buktinya tu supir taxi tetep taraweh di mesjid Istiqomah (disini emang lama banget, ayat2nya panjang2 bikin pegel, tapi imamnya masih muda dan jago bet bacaan-nya). Gw aja baru puasa kesekian (minggu) baru 'sempet' taraweh di mesjid, selalu ada pembenaran2 garing mulai dari mesjid yang crowded, taraweh sendiri sebelum sahur dan sok merasa itu lebih afdhol, ada kerjaan yang harus diselesai-in sampe buka bareng-buka bareng yang gak penting itu (karena setiap buka bareng udah pasti gak bakal bisa taraweh). Analogi tolol gw : Orang yang banyak rejeki dan selalu diberi kemudahan trus sholat dan ibadahnya rajin itu wajar, lha iyo no matur nuwun ro 4JJ tapi kalo orang yang sedang dikasih ujian (maaf bukan berarti sopir taxi tu susah hidupnya lho) dan tetep keukeuh rajin ?! Aduh, jadi malu banget sama tu supir Blue Bird...

*) Bapak sopir taxi waktu itu selalu ngeluh sekarang makin susah dapet penumpang gak kayak tahun 80-an pas saingan belum banyak, belum lagi ditambah tarif taxi naik sekarang. Oya biar jangan suudzon2, supir taxi tu ternyata juga rugi lho kalo macet, karena shift time-nya kebuang hanya untuk satu penumpang sedang argo dan bensin yang abis gak terlalu ngefek. Kata beliau, supir taxi kalo mau bajingan adalah dengan nyari jalan yang muter2 jauh bukan nyari macet atau nyetir pelan2 cuz kalo itu yang rugi penumpang dan supirnya both, jadi salah kaprah tu anggepan supir taxi seneng kalo nemu macet...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home