Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Monday, September 05, 2005

Sekolah Dasar

Pernah kepikiran kabar guru2 SD kita dulu gak ? bukan euforia kayak poster2 dan banner2 dari depdiknas yang bermanis2 Tagline belaka such as "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa", "Guru Pelita Hati", bla bla bla dan bul sit lainnya. Kalo mau ngerasain dikit kalo ternyata guru2 SD kita dulu bener2 TOTALLY INCRIDIBLE, coba deh main2 ke SD2 negri kampung, SD2 yang biasanya ada sekolah pagi dan sorenya, SD2 yang muridnya dekil2, SD2 yang gurunya gak seberapa banyak dan biasanya satu guru satu kelas, SD2 yang jajannya murah2 n (kebanyakan) gak bersih, SD2 yang cuman punya lapangan upacara pas2an... Bukan ! jangan pernah ngebayangin SD2 tipe ini ada di daerah tertinggal, pelosok apalagi IDT, di Jakarta pun SD2 kayak gitu masih banyak dan gampang ditemuin.

Jadi sampah gw kali ini berawal gara2 minggu yang lalu, divtek BNI, tempat gw melacur sekarang, ngasih sumbangan pendidikan ke SD2 yang ngebutuhin, mulai dari komputer sampe bola basket (meski mereka gak punya lapangan basket). Pas gw nyampe di tu SD, JEGHER ! SD gw banget ! jadi inget lagi semuanya, guru2 menyebalkan pas SD dulu. Pak Karman, guru olahraga gw yang sok gagah n ngerasa jantan dengan kumis tebelnya, yang kerjanya nyuruh kita lari sementara dia enak2an di bawah pohon ngadhem. Pak Ramino, guru PMP gw yang pe-de djaya kalo PMP tu adalah pelajaran vital n penting (wong edan, cah cilik diapusi) ato pak Djio yang pernah nyambit gw pake penghapusan papan tulis gara2 gw bengong pas dia nanya gw pake bahasa jawa (yang pas itu gw emang belum bisa jawa sama sekali, biar gak tengsin dah gw kacangin akhirnya malah gw disambit pake penghapus, dasar gila !) ato Bu Tini yang rambutnya kribo tapi selalu dandan menor n wangi minyak sinyongnyong-nya ada dalam radius 10 m (gw yakin banget pasti dia ngerasa tu udah penampilan ter-mentok-nya). Jujur aja dulu semua sekolah yang gw datengin, mulai dari TK sampe Kuliah, paling cuman satu dua guru yang gw suka sisanya enemy kabeh (maaf ya pak bu).

SD 03 Manggarai kemarin pun komposisinya hampir sama, guru2 untuk 1 angkatan + 1 guru olahraga yang selalu berkostum training seharian (biar image olahraga-nya kental). Mereka seneng banget dikasih sumbangan itu semua, kayak abis jadian aja, pada becanda2 jayus, ketawa2 terus. Lha padahal itu semua kan buat sekolahan bukan buat mereka, kok bisa hepi banget gitu ? Air muka mereka tu kayaknya bukan manusia yang muluk2 banget, cuman berkisaran "Bangun pagi, ngajar anak2, ngasih PR, periksa PR yang kemarin, nyiapain soal ulangan, ngoreksi ulangan, pulang, tidur, trus bangun pagi lagi". Suwer ewer ewer ! Asli ini kisah nyata, bukannya mau sok2an bermelo2, coba deh ntar main ke SD2 inpres kampung model begini gw jamin pasti lo ngerasain hal yang sama, kalo guru2 SD Negri kita dulu tu ternyata AWESOME PISAN....

*Tribute to Pak Djiono, karena sambitan penghapus papan tulis-nya gw jadi nyadar kalo sekolah tu penting, terakhir ketemu beliau bulan puasa tahun lalu pas taraweh, dengan bangga cerita kalo anaknya bentar lagi jadi Insinyur Sipil di UGM, GOD save all SD teachers !

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home