Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Friday, February 24, 2006

Kecap Bango Selera Nusantara

Ada hikmah gw gak bisa basket lagi gara2 lutut sialan yang mlengse ini. Bukan karena gw gak ada alesan lagi buat gak join pengajian2 sabtu pagi (gw masih punya banyak alesan buat ngeles dari kegiatan2 rohani semacam itu), bukan karena gw jadi bisa bangun siang (jatah tidur gw paling mentok 6 jam lebih dari itu bisa bikin pala mau pecah) tapi karena gw jadi bisa nonton Kecap Bangio Selera Nusantara di TransTV. Yup gw adalah penggemar Bondan Winarno, gw selalu baca artikel beliau di Jalan Sutra di Kompas.com. Bukan buat menghibur diri pagi2 ngeliat makanan enak tapi lebih ke two thumbs up buat pak Bondan yang begitu peduli sama kekayaan kuliner Indonesia. Pak Bondan ini salah satu orang2 yang concern ke dunia kuliner Indonesia, jadi begitu tau bakal ada versi TV-nya setaun lalu gw semangat banget tapi sayang selalu bentrok sama latian Basket sabtu pagi.


Sepele memang, cuman acara makanan tapi sedikit banyak bisa nunjukin rasa Nasionalisme yang tinggi. Ngerasa gak kalo sekarang Nasionalisme bener2 sudah terkikis ? Gak usah ribet2 liat aja dari contoh makanan dan gaya hidup kita sehari2, western things are elite and traditional things are 'ndeso + gak gaul + hari gene ?! + kayak orang susah aja'. Ugh ! gemes deh tiap ada orang yang pola pikirnya kayak gitu, sometimes bener2 bisa bikin gw ilfil setiap kali liat orang 'gak jelas' kayak gitu : pribumi act like kumpeni. Acara pak Bondan itu model2 travel ke daerah2 seluruh Nusantara berburu makanan khas dan sering kali makanan yang sudah langka. Sepertinya pak Bondan dipilih jadi host bukan karena presenter yang baik (abis lucu deh kalo lagi presenter, di depan makanan2 itu keliatan banget beliau nelen ludah berkali2) tapi mungkin karena beliau adalah salah satu perintis dan ahli kuliner Indonesia.


Nasionalisme jaman Soeharto mungkin jauh lebih baik, walaupun terkesan doktrinisasi dan propaganda. Dulu waktu gw TK ngeliat Icuk Sugiarto tu gagah banget, kalo pelajaran Sejarah dada rasanya sesak penuh semangat diceritain perang Teuku Umar dkk, pelajaran PSPB bangga berat ngebayangin bagaimana Syahrir dkk beradu lidah di perundingan tapi toh tetep gw doyannya Voltes Mazingga Zabogar lho. Poinnya apa ? Nasionalisme bukan berarti kita harus jadi kayak katak dalam tempurung even gajah dalam tempurung : anti semua yang dari luar. Tentu bukan seperti itu tapi jangan pernah lupa dan harus bangga being an Indonesian. Gw agak gak setuju sama puisi-nya Taufik Ismail, karena kalo dari awal udah malu itu gak akan bisa ngubah apapun, gak akan bisa bawa Indonesia ke posisi yang lebih baik. Bangga setidaknya bisa dijadiin trigger kita buat bangkit mati2an trus akhirnya try to serve our Damn Good country and be proud of it !


*) meskipun nasionalisme sih nasionalisme tapi kalo untuk urusan musik mah Radja sebagai band paling trendi secara nasional saat ini tetep aja S*CKS ! Btw King of Convenience on March, anyone?

Labels:

2 Comments:

Blogger radityo said...

bango mau bikin festival jajanan lho....

klik:

http://kecap-bango.blogspot.com

10:22 PM  
Anonymous fame said...

Panglima TNI, Jenderal Djoko Santoso, Rabu 5 November 2008 akhirnya bersuara menyatakan kesediannya untuk dicalonkan memimpin PB PBSI periode 2008-2012.

Sementara itu, Icuk Sugiarto dengan pengenalan dan kepeduliannya yang mendarah-daging akan bulutangkis tetap menyatakan tekadnya untuk berlaga dalam Munas PBSI yang akan berlangsung 14-15 November mendatang di Jakarta.

Benarkah, PBSI tidak akan berjalan baik tanpa sentuhan militer? Benarkah dibutuhkan sosok militer yang kuat untuk 'menggalang dana besar' yang dibutuhkan PBSI? Benarkah, hanya militer yang mampu 'memimpin' sementara seorang olahragawan hanya mampu 'mengolah raga' dan tidak dapat 'mengolah pemikiran' untuk memimpin sebuah organisasi?

Sampaikan dukungan Anda untuk perlunya DEBAT PUBLIK agar masyarakat Indonesia menilai sosok mana yang tepat memimpin PBSI periode mendatang. Klik di sini: http://icuk-badminton.com

Bulutangkis Indonesia, milik Indonesia!!!

Fans berat Icuk

7:57 PM  

Post a Comment

<< Home