Scraps In Scraps Out

This is my Blog. There are many like it but this one is mine. My Blog is my best friend. It is my life. I must master it as I must master my life. Without me my Blog is useless. Without my Blog, I am useless (Jarhead)

Thursday, July 14, 2005

Wisanggeni Sang Buronan














No doubt I’m really proud being a Minangesse ! Tapi masalahnya gw gede di Jawa, di Gunungkidul tepatnya, jadi gw lebih merasa jadi orang ‘jawa’ lagian gw suka cerita wayang, meski gw gak banyak apal kisah2 juga tokohnya (gw ada masalah dengan ‘mengingat nama2 jawa’). Pas SD, pas pertama kali nonton dulu be-te banget, gw gak ngerti kenapa banyak orang2 pada betah begadang nonton wayang, bela2in nungguin [goro-goro] ampe pagi, apa lagi gw belum ngerti bahasa jawa jadi mau tu dalang pake bahasa rusia kek, jepang kek, spanyol kek, make no sense buat gw…

Sampe akhirnya gw baca Mahabarata-nya RA. Kosasih buat ngabuburit puasa pas SMP, bukan buku sih tapi komik vintage. GILA ! gw langsung jatuh cinta ama kisah wayang, gw amaze banget ama kompleksitas karakternya, kisah2nya yang beranak pinak, juga ke-kaku-an ceritanya. Pas gw nonton LOTR III, gw bayangin perang kolosal disitu adalah perang dahsyat di Kurusetra, coba ada yang mau ngangkat kisah wayang dengan efek hollywood, tentu aja Tolkien gak ada apa2nya, tokoh LOTR cuman putih dan hitam, terlalu hambar ! Beda sama wayang, kompleksitas tokoh2nya bervariasi, ada banyak konflik batin seperti Adipati Karna atau Resi Bisma atau Salya atau Srikandi atau....masih banyak lah ! Belum lagi Aji2an dan Senjata-nya yang unik2 dengan khas nuansa mitologi yang hiperbol, bagi gw itu yang bikin wayang TOTALLY AWESOME !

Sayangnya kebanyakan buku2 wayang sekarang yang ditulis orang2 sastra jawa angkatan tua, bukan cerpenis atau novelis, gaya bertutur mereka kurang (gw bilang kurang bukan gak) memikat. [Wisanggeni sang Buronan*]-nya Seno Gumira salah satu yang terbaik, gw sampe bela2in nyolong tu buku dari temen gw (lipek, njilih di-pek, strategi njlih tur ra dibale2ke), n dah gw baca berkali2. Di situ kisah wayangnya emang fusion tapi Seno emang jago banget nulis dialog2 khas pewayangan dalam versi Indonesia, tentu aja tanpa ninggalin ciri khas gaya bertutur wayang. Gw sampe ngiri kok bisa tu orang nulis cerita wayang sebegitu dahsyatnya. Sayang cuman buku tipis seandainya Seno mau nulis lebih banyak lagi cerita wayang, supaya wayang jadi populer lagi, supaya wayang gak mati, supaya kisah wayang bisa ngegusur SINETRON2 SAMPAH di TV....




*) Buku ini keren bet, bukan hanya cerita-nya aja tapi juga ilustrasi yang dibikin Danarto. Wayang yang digambarin-nya cross the line, orisinil, gak model2 manga gak juga model2 marvel (gak tau sekarang kok kampungan banget kalo ada ilustrator yang style gambarnya kayak gitu). comments .

Labels:

4 Comments:

Blogger deeanty said...

aku juga suka banget wayang waktu jaman SD dulu. Sekarang kangen pengen baca lagi, tapi buku wayangku ilang semua. Punya ga komik wayang versi RA Kosasih??

hehe..maap ye blom kenal nyelonong aja. Abis ga tahan pengen nanya ttg buku wayang ini.

salam
deean ( adekku jg Padmanaba lho )

7:16 PM  
Blogger deeanty said...

aku juga suka banget wayang waktu jaman SD dulu. Sekarang kangen pengen baca lagi, tapi buku wayangku ilang semua. Punya ga komik wayang versi RA Kosasih??

hehe..maap ye blom kenal nyelonong aja. Abis ga tahan pengen nanya ttg buku wayang ini.

salam
deean ( adekku jg Padmanaba lho )

7:17 PM  
Anonymous Anonymous said...

Halo mbak Dian ! kok kita gak connected ya ? nemu tempat sampah ini dari mana ? ;-). Btw kok tau aku Padmanaba juga to ?

RA Kosasih-ku yo ilang, biasalah hukum karma, barang colongan juga pasti akan dicolong lagi.

Kepikiran buat bikin gerakan cinta Wayang Nasional, Wisanggeni Sang Buronan mungkin bisa sebagai permulaan, udah baca ?


idep

7:32 PM  
Blogger deeanty said...

Hehe..temen kantor make komputerku dan ga sengaja liat2 blog ini. trus aku terusin deh bacanya. lumayan juga, udah lama ga denger bhs jogja.

Tau Padmanaba?? darimana ya? aku buka juga di FS. dan kita conected sama siapa gitu aku lupa. Hii..sori cari2 tau aja, siapa tau temen adekku si Ryan.

RA Kosasihku dulu kok ya ga aku simpen ya. padahal kan ceritanya lengkap sampe parikesit. Tapi halal tuh bukan nyolong kayak kamu..:=D

6:47 PM  

Post a Comment

<< Home